BAB IV
ANALISA
DAN PEMBAHASAN
4.1 Analisa Sistem Yang Sedang
berjalan
Analisis sistem
yang sedang berjalan adalah menjelaskan bagian–bagian komponen dengan maksud
untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan–permasalahan, kesempatan–kesempatan,
hambatan–hambatan yang terjadi dan kebutuhan–kebutuhan yang diterapkan sehingga
dapat di usulkan perbaikannya.
Untuk
mendapatkan kinerja yang baik dari suatu pekerjaan, dapat diperoleh melalui
sistem kerja yang terkoordinir dengan baik. Untuk mencapai hal tersebut
diperlukan perbaikan sistem yang lama dengan
membuat suatu rancangan sistem yang baru yang dapat memberikan hal yang
lebih baik daripada sistem yang lama. Berdasarkan hasil pengamatan langsung
pada PT. Gebrina Utama cabang Belawan, proses pengolahan data pemesanan jasa
konteiner yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Masih
maenggunakan cara menual dalam mengimput data konteiner, sehingga sering
terjadi kekeliruan dalam pendataan konteiner yang kosong.
2. Masih
menggunakan sistem manual sehingga jika laporan yang dibuat banyak maka perlu
tenaga dan waktu yang banyak untuk mengolah data jasa konteiner dan memerlukan
tempat penyimpanan yang banyak pula.
3. File-file
data pemesanan jasa konteiner disimpan dalam map-map yang tersusun rapi, tetapi
sering terjadi kerusakan pada file-file
tersebut. karena dimakan oleh
rayap.
Flow map sistem informasi pemesanan jasa konteiner
yang sedang berjalan adalah sebagai berikut :
4.2
Fungsi dan Kegunaan Sistem
4.2.1
Sistem Informasi Perusahaan
Sistem informasi
perusahaan berfungsi untuk mengetahui latar belakang dan seluk beluk tentang
perusahaan tersebut sehingga mempermudah orang lain untuk mengetahui lebih jauh
tentang perusahaan itu.
4.2.2
Kegunaan Sistem Informasi
Sistem yang
diterapkan disini berguna untuk mempermudah dalam pengolahan data jasa
konteiner sehingga dapat mengolah data dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu
yang singkat, meminimalkan terjadinya kerusakan data serta mengurangi
terjadinya tercecernya data.
4.2.3
Cara Kerja Sistem
Cara kerja
sistem yang akan diusulkan pada penulisan kerja praktek ini menggunakan sistem
komputerisasi yang berbasis visual dari Visual Basic 2008, yang mana program
ini dapat mengolah data yang banyak tanpa memerlukan waktu yang banyak dan
dapat memberikan informasi data secara efektif dan efisien sehingga pihak
perusahaan tidak kerepotan dalam pencarian data pemesanan jasa konteiner dengan
cepat dan tepat.
4.3.
Diagram Aliran Data
Diagram
arus data (data flow diagram) adalah suatu gambaran grafis dari suatu
sistem yang menggunakan sejumlah bentuk-bentuk simbol untuk menggambarkan
bagaimana data mengalir melalui suatu proses yang saling berkaitan. DFD dapat
digunakan mempresentasikan suatu sistem yang otomatis maupun manual dengan
gambaran yang berbentuk jaringan grafik. Dimana DFD terdiri atas konteks
diagram dan DFD level 0, level 1 dan seterusnya. Dalam sistem ini mencoba
menggambarkan diagram alir data dapat dipahami bagaimana sistem tersebut
berjalan.dan bagaiman input dari sistem ini
1. Context Diagram
DFD Context
Diagram merupakan level tertinggi dari DFD yang menggambarkan seluruh input
dan output dari sistem. Adapun bentuk Context Diagram dari
sistem informasi pemesanan jasa
konteiner pada PT.Gebrina Utama Belawan
dapat dilihat pada gambar berikut ini.
2
DFD Level 0
DFD Level Nol
merupakan level setelah Context Diagram. Adapun bentuk DFD Level Nol
dari sistem informasi penjualan barang pada PT.Gebrina Utama Belawan
dapat dilihat pada gambar
4.4 Formulir Input dan Output
Bentuk
sistem yang sedang berjalan pada PT. Gebrina Utama masih secara manual mulai
dari pemesanan jasa konteiner sampai laporan. Dalam bentuk system yang berjalan
dapat dikeahui kekurangan atau keterbatasan dari system tersebut.
4.4.1 Formulir Input
4.4.2 Perangcangan
Pemesanan Jasa
Tujuan dari
perancangan pemesanan jasa konteiner adalah untuk menjamin pemasukan data dapat
diterima oleh pemakai agar tercapai keakuratan yang tinggi sehingga pemasukan
data dapat seobjektif mungkin. Serta
dengan desain yang simple maka
memudahkan operator untuk menggunakannya.diamping itu, software ini mengutamakan tampilan yang elegan namun ramah dimata,
sehingga pengguna tidak mudah jenuh dan lelah memandang layar computer tersebut. Dalam hal ini perlu
diperhatikan kreteria-kriteria dari sofware
pemesanan jasa konteiner di PT. Gebriana Utama cabang Belawan antara lain :
a. Desain
Menu Utama
Menu utama
berfungsi untuk masuk ke sub menu.serta mewakili dari sifat dan krakter
prusahaan dengan tujuan untuk mengingatkan visi misi dari prusahaan PT. Gebrian
Utama.serta. Adapun yang menjadi menu adalah File, Input, Laporan, Informasi
Sofware, Exit Bentuk menu utama dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Keterangan
:
1.
File merupakan sub menu
pertama dari program, file menu utama
ini sendiri memiliki beberapa sub menu yaitu Form Pemesanan Jasa Konteiner
2. Input
merupakan sub menu kedua dari program, yaitu
a. Form
Input Konteiner
b. From
Input ID Konsumen
3. File laporan merupakan sub menu ketiga dari
program, file laporan ini terdiri dari:
a. Laporan
Jasa Konteiner Perhari
b. Laporan
Jasa Konteiner Perbulan
4. Informasi
software adalah informasi cara penggunaan software agar tidak terjadi
kekeliruan.
a.
Rancangan
Input pemesanan jasa koneiner
Desain input
data pemesanan jasa konteiner berfungsi untuk mencatat data pelanggan yang
melakukan penggunaan jasa konteiner dan menginput tanggal awal penggunaan
konteiner dan tanggal selesai penggunaan jasa konteiner. Pada form ini
dilakukan penginputan data pemesanan jasa yaitu, Id Prusahaan, No Faktur, Nama
Prusahaan, Alamat, Kode Konteiner ,Warna, Ukuran , Jenis barang, Berat Barang
,Tujuan Negara, Daerah, Total Bayar , Status Penggunan Jasa, Tanggal Awal,
Tanggal Awal, baru, simpan, hapus, batal, keluar. Gambar Data permohonan dapat
dilihat pada gambar dibawah ini :
Keterangan dari
gambar rancangan input data penjualan
modem
1.
No
Faktur (Text Box) : Digunakan untuk menentukan no faktur.
2. Id Prusahaan (Text Box) : Digunakan untuk menampilkan ID prusahaan
yang terdaftar di PT.Gebrina Utama.
3. Nama Prusahaan (Text Box) : Digunakan untuk menginput nama prusahaan.
4.
Alamat (Text Box) : Digunakan untuk menginput jenis alamat
prusahaan.
5.
Kode
Konteiner (Combo Box) : Digunakan untuk
memilih konteiner yang di berangkatkan.
6.
Warna
(Text Box) : Digunakan untuk menampilkan
warna konteiner.
7.
Ukuran
(Text Box) : Digunakan untuk
menampilkan ukuran konteiner.
8.
Jenis
Barang (Text Box) : Digunakan untuk menginput jenis barang yang dibawa.
9.
Berat
Barang (Text Box) : Digunakan untuk
menyimpan barang yang dibawa.
10.
Tujuan
Negara (Combo Box) : Digunakan untuk
memilih Negara tujuan.
11.
Daerah
(Combo Box) : Digunakan untuk memilih
daerah yang dituju.
12.
Total
Bayar (Text Box) : Digunakan untuk
menampilkan jumlah pembayaran dalam penggunaan jasa.
13.
Status
Penggunan Jasa (Text Box) : Digunakan
untuk memilih status penggunaan jasa.
14.
Tanggal
Awal (Date Time Piker) : Digunakan
untuk memilih awal keberangkatan.
a.
Rancangan
input Data Konteiner
Desain input
data konteiner berfungsi untuk mencatat data konteiner dengan tujuan agar tidak
terjadi kekeliruan dari jumlah konteiner serta memudahkan untuk mengatur dari
setiap konteiner yang dimiliki.
Pada form ini dilakukan penginputan data konteiner yaitu, Tahun Pembuatan,
Tahun Pembelian, Ukuran, Warna, Kode Konteiner , baru, simpan, hapus, batal,
keluar. Gambar Data konteiner dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Keterangan dari
gambar rancangan input data konteiner
1. Kode Konteiner (Text Box) : Digunakan untuk menginput kode konteiner.2.
Warna
(Text Box) : Digunakan untuk menginput
Warna konteiner 3. Ukuran (Text Box) : Digunakan untuk menginput besar dari konteiner
4. Tahun Pembelian (Text Box) : Digunakan untuk menginput tahun pembelian
5. Tahun Pembuatan (Text Box) : Digunakan untuk menginput tahun pembuatan .
a. Rancangan
input Data Konteiner
Desain input data Konteiner
berfungsi untuk mencatat data Konteiner. Pada form ini dilakukan penginputan
data Konteiner yaitu, ID, Nama Prusahaan, Telpon, Alamat, No KTP Pendaftar,
Nama, baru, simpan, hapus, batal, keluar. Gambar Data Mahasiswa dapat dilihat
pada gambar dibawah ini :
Keterangan dari
gambar rancangan input data Data
Konsumen
1. ID (Text Box) : Digunakan untuk menginput ID Konsumen 2. Nama Prusahaan (Text Box) : Digunakan untuk menginput nama prusahaan.
3. Telpon (Text Box) : Digunakan untuk menginput no telpon prusahaan
4. Alamat (Text Box) : Digunakan untuk menginput alamat prusahaan
5. No KTP Pendaftar (Text Box) : Digunakan untuk menginput no ktp pendaftar
6. Nama (Text Box) : Digunakan untuk menginput nama pendaftar
4.4.3 Formulir Output
Formulir output adalah hasil dari
system informasi yang akan dapat di lihat, formulir output merupakan penjelasan
dari laporan yang akan dilakukan dan dihasilkan oleh system pengolahan data
pemesanan jasa konteiner, Berikut adalah formulir output pemesanan jasa
konteiner dapat dilihat pada gambar 4.3 di bawah ini
4.5 Desain File Database Data Jasa Koneiner
Dalam merancang
suatu sistem yang baik dibutuhkan beberapa file yang bertujuan untuk memudahkan
pengambilan informasi. File-file tersebut akan saling berhubungan satu sama
lainnya dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan programmer atau pemakai
user. Tabel-tabel tersebut antara lain :
1. Desain
Tabel Jasa Konteiner
Nama
Database : penggunaan_jasakonteiner
Nama
tabel : Jasa konteiner
1. Desain
Tabel Data Konteiner
Nama
Database : penggunaan_jasakonteiner
Nama
tabel : Input_Data_Konteiner
1. Desain
Tabel Input Id Konsumen
Nama Database : penggunaan_jasakonteiner
Nama tabel :
Input_ID_Konsumen
4.6. Entity Relationship
Diagram (ERD)
Untuk
mendapatkan informasi entitas, perolehan tidak perlu menginput semua data-data.
Pada Entity Relationship Diagram ada
hubungan antara file, file antara satu file dengan file yang lainnya
menggunakan kunci relasi. Relasi dari file ini dapat dilihat pada gambar
dibawah ini.
4.7 Desain Flowchart
Adapun rancangan
sistem yang diusulkan dalam penyajian data pemesanan jasa konteiner pada PT.
Gebrina Utama cabang Belawan adalah sebagai berikut :
a. Flowchart Menu Utama
Keterangan :
Memulai
program pada menu utama dengan menampilkan menu yang terdiri dari file, input, laporan dan exit. Jika memilaih menu
file maka akan muncul sub menu file yang ditandai dengan A dan menu-menu
lainnya tidak dapat dipilih. Jika memilih input
maka akan muncul sub menu input konteiner dan konsumen yang ditandai dengan B
dan menu-menu lainnya tidak dapat dipilih. Jika memilih menu laporan maka akan
muncul sub menu laporan yang ditandai dengan C dan menu-menu lainnya tidak
dapat dipilih. Jika memilih menu keluar maka proses kembali pada menu.
b. Flowchart Sub Menu File
Pemesanan Jasa Konteiner
Keterangan
:
Memulai
program pada menu file maka muncul sub menu pemesanan
jasa kontener, kemudian pilih pemesanan jasa
konteiner pada form pemesanan jasa konteiner maka akan tampil dan diisi
sesuai data yang dibutuhkan.
c. Flowchart Menu File Input
Data Konteiner
Dengan memilih input
from konteir maka sudah memulai program input from konteir pada menu input.
d. Flowchart Menu file Input
ID Konsumen
Lakukan
pengimputan konsumen jika konsumen tersebut menggunakan jasa konteiner leih
dari tiga hari dengan cara pilih from input konsumen Memulai
program pada menu input
maka muncul sub from input konsumen.
e. Flowchart Menu file Laporan
Dengan
memilh laporan, maka sudah memasuki from laporan pada sub menu laporan yang ada
pada menu utama.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1
Kesimpulan
Banyak
kesimpulan yang diambil dari kegiatan Kerja Praktek yang penulis lakukan di PT.
Gebrina Utama. Beberapa kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis adalah :
PT. Gebrina Utama dalam
melaksanakan tugas sangat menghargai waktu mereka dengan sebaik-baik mungkin.
1. Sistem
adalah sekumpulan elemen yang saling
terkait atau terpadu yang dimaksudkan
untuk mencapai suatu tujuan tertentu
2. Mahasiswa
dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama duduk dibangku perkuliahan
untuk menyelesaikan permasalahan didunia nyata.
3. Mahasiswa
dapat mengatahui ilmu dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memasuki dunia
kerja di era globalisasi, seperti :
a. Keterampilan
berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain.
b. Ilmu
dasar mengenai bidang spesifik yang diperoleh selama perkuliahan. Misalnya ilmu
dasar dibidang informatika, ilmu dasar dibidang ekonomi dan lain sebagainya.
c. Keterampilan
menganalisis permasalahan untuk dicari solusinya.
4. Kerja
praktek dapat melatih mahasiswa untuk bekerja sama dalam suatu team, baik antar
peserta kerja praktek maupun dengan karyawan lain di PT. Gebrina Utama.
5.2
Saran
Beberapa saran
yang penulis ingin sampaikan untuk PT. Gebrina Utama kepada pihak
yang telah menerima kami untuk melaksanakan Kerja Praktek antara lain :
1. Lebih
ditingkatkan lagi dalam melayani konsumen baik dalam segi pelayanan maupun segi
keamanan dalam melakukan
pengirim barang
2. Diharapkan
lagi agar dapat melakukan poengembangan dalam menjadikan sebuah program yang
jauh lebih baik lagi.
3. Untuk
menerapkan sistem yang baru sebaiknya PT. Gebrina Utama melakukan secara
bertahap, sampai sistem yang baru benar-benar dapat dioperasikan.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Jogiyanto HM ( 1991 ). ″ Pngertian Perancangn ″ , Mitra
Wacana Media, Jakarta.
3.
S.P.Siagian ( 1983 )” Pengertian
Informasi ” S.P.Siagian, Bandung, 1983
4.
Abdul Kadir ( 13, 2003 ).” Pengertian
Informasi ” Abdul Kadir, Jakarta, 2013
7.
Andi, “Visual Belajar Lingkungan Basic
“2006”, Wahana Komputer, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2010
0 comments: