Laporan
Kerja Praktek
Sistem
Informasi Jasa Konteiner di PT. Gebrina Utama
Disusun
Sebagai Syarat untuk Menyusun Skripsi pada
Program
Studi strata 1 Teknik Informatika
Oleh
:
Khairul Fahmi
NPM
: 12110019
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK
BUDIDARMA MEDAN
2015
ABSTRAK
Kebutuhan akan
informasi yang cepat, tepat dan akurat sudah menjadi bahan pertimbangan bagi
perusahaan, organisasi atau instansi yang berkepentingan dalam mengambil dan
memproleh suatu keputusan yang akan relevan dan akurat, Dengan alasan inilah
maka penulis mengambil judul “System Informasi Pemesanan Jasa Konteiner Pada PT
Gebrina Utama Belawan”.
Dalam
penulisan Laporan Kerja Praktek ini penulis membahas system Informasi
Pemsesanan Jasa, System Pemesanan Jasa Konteiner Pada PT Gebrina Utama Belawan
Mengunakan System konputerisasi yang berbasis windows yang umum digunakan
perkantoran adalah Microsoft office XP 2003/2007.
Analisa
system informasi yang dilakukan dengan harapan dapat mengetahui
kelemahan-kelemahan agar dapat diselesaikan secara maksimal serta dapat mencari
jalan keluar dari kelemahan-kelemahan tersebut.
Kata
Kunci : Pemesanan Jasa
Sistem Informasi Jasa Konteiner Di
PT Gebrina Utama Belawan
Disusun Untuk Sebagai Syarat Menyusun
Skripsi pada
Strata 1 Program Studi Teknik
Informatika STMIK Budidarma Medan
Yang
Dipersiapkan Dan Disusun Oleh :
Khairul Fahmi
NPM : 12110019
Medan, Maret 2015
STMIK Budidarma Medan PT
Gebrina Utama Belawan
Pembimbing Pembimbing
Mesran, M.Kom Ilham
Sahputra
NIDN :0124087801
Diketahui
Oleh
Ketua
Program Studi Teknik Informatika
STMIK
Budidarma Medan
Hery Sunandar M.Kom
NIDN
:0128127501
KATA
PENGANTAR
Berkat
rahmat tuhan yang maha esa, penulis bisa menyelesaikan kerja praktek yang
berjudul, “Sistem Informasi Jasa Konteiner di PT Gebrina
Utama Belawan”,
sesuai dengan yang direncanakan. Untuk itu puji syukur penulis panjatkan kepada-nya.
Selanjutnya penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Bapak Mesran,
S.Kom,
M.Kom selaku pembimbing yang
telah membimbing penulis selama mengerjakan Kerja Praktek ini.
2.
Bapak
Ilham
Sahputra, selaku pembimbing
perusahaan yang telah membimbing penulis selama mengerjakan Kerja Praktek ini.
3.
Bapak
Hery
Sunandar, selaku Ketua Program
Studi Teknik Informatika STMIK Budidarma medan.
4.
Bapak
Mesran, S-Kom, M-Kom, selaku ketua STMIK Budidarma medan.
5.
Bapak
dan Ibuk Dosen yang telah mendidik dan membimbing penulis dalam mengerjakan
Kerja Praktek ini.
6.
Kedua
orang tua penulis yang selalu mendukung dan mendoakan penulis setiap hari.
7. Semua pihak yang membantu penulis untuk
terselesaikannya Kerja Praktek ini.
Kerja
Praktek ini dibuat guna melengkapi persyaratan kurikulum pada Program Studi
Teknik Informatika Strata Satu, STMIK Budidarma Medan. Semoga hasil dari Kerja
Praktek ini ada manfaatnya bagi pihak yang berkepentingan.
Medan, Maret 2015
Khairul Fahmi
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...................................................................................
i
DAFTAR ISI..................................................................................................
ii
DAFTAR GAMBAR.....................................................................................
v
DAFTAR TABEL..........................................................................................
vi
BAB I .PENDAHULUAN.............................................................................
1
1.1 Latar Belakang Kerja Praktek....................................................
1
1.2
Perumusan Masalah....................................................................
2
1.3
Tujuan Dan Manfaat..................................................................
2
1.3.1
Tujuan Kerja Praktek.......................................................
2
1.3.2
Manfaat Kerja Praktek.....................................................
3
1.4
Ruang Lingkup Pembahasan......................................................
4
1.5
Metodologi Penulisan................................................................
4
1.6
Sistematika Penulisan.................................................................
4
BAB
II. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN....................................... 6
2.1 Sejarah Singkat Perusahaan.......................................................
6
2.2
Visi PT. Gebrina
Utama Belawan..............................................
7
2.3
Misi PT. Gerina
Utama Belawan...............................................
7
2.4
Arti Logo PT.
Gebrina Utama Belawan.................................... 8
2.5
Struktur Organisasi....................................................................
8
2.6
Hak Dan Wewenang..................................................................
12
2.7
Lokasi Kerja Praktek..................................................................
15
BAB
III. LANDASAN TEORI..................................................................... 16
3.1
Konsep Sistem Informasi...........................................................
16
3.1.1
Sistem..............................................................................
16
3.1.2
Karakterisik
Sisem........................................................... 17
3.1.3
Klasifikasi
Sistem............................................................
19
3.1.3
Klasifikasi
Sistem............................................................
19
3.1.3
Jenis-Jenis
Sistem Informasi 22
3.2
Pengertian
Jasa...........................................................................
24
3.1.3
Karakeristik
Jasa..............................................................
25
3.3
Siklus
Hidup Pengembangan Sistem.........................................
26
3.4
Analisa
Sistem............................................................................
26
3.4.1
Defenisi
Analisa Sistem...................................................
26
3.5
Pengertian Perancangan Sistem.................................................
27
3.6
Alat Bantu
Perancangan Sistem.................................................
22
3.6.1 Siklus Pengolahan Data...................................................
31
3.4.1
Sistem
Developmant Life Cyle (SDLC).......................... 31
3.4.1
Perancangan
Database..................................................... 32
3.7
Database.....................................................................................
33
3.7.1
Model
Database...............................................................
34
3.7.2
Langkah-langkah
Perancangan Database........................ 35
3.8
Perangkat
Lunak........................................................................
36
3.8.1
Sistem
Operasi.................................................................
36
3.9
Konsep
Dasar Bahasa Pemograman Visual Basic...................... 37
3.9.1 Visual Besic.....................................................................
37
3.9.2 Struktur dan Format Visual
Basic................................... 38
3.9.3 Lingkungan Kerja Visual
Basic....................................... 39
3.10
Database
MySQL....................................................................
43
3.10.1
Keistimewaan MySQL..................................................
44
BAB
IV. ANALISA DAN PEMBAHASAN...............................................
46
4.1
Sistem Yang Sedang Berjalan....................................................
46
4.2
Fungsi Dan Kegunaan Sistem....................................................
48
4.2.1
Sistem Informasi Perusahaan...........................................
48
4.2.2
Kegunaan Sistem Informasi.............................................
48
4.2.3
Cara Kerja Sistem............................................................
48
4.3
Diagram Aliran Data..................................................................
48
4.4
Formulir
Input dan Output........................................................
50
4.4.1
Formulir
Input..................................................................
50
4.4.2 Perancangan Pemesanan Jasa...........................................
52
4.4.3 Formulir Output...............................................................
56
4.5 Desain File Database Data Jasa Konteiner................................
57
4.6 ERD...........................................................................................
60
4.7 Desain Flowchart.......................................................................
60
BAB
V. KESIMPULAN DAN SARAN......................................................
66
5.1
Kesimpulan................................................................................
66
5.2
Saran..........................................................................................
66
DAFTAR
PUSTAKA....................................................................................
68
LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
Gambar
2.1 Logo PT. Gebrina Utama..............................................................
8
Gambar
2.2 Struktur Organisasi PT. Gebrina
Utama.......................................
11
Gambar
2.3 Lokasi Kerja Praktek....................................................................
15
Gambar
3.1 Siklus Pengolahan Data................................................................
31
Gambar
3.2 Tahap Pengolahan Data................................................................
31
Gambar
3.3 IDE Visual Basic..........................................................................
39
Gambar
3.4 IDE Visual Basic..........................................................................
40
Gambar
3.5 Baris Menu....................................................................................
40
Gambar
3.6 From..............................................................................................
40
Gambar
3.7 Windows Properties......................................................................
41
Gambar
3.8 Toolbar..........................................................................................
41
Gambar
3.9 Toolbox.........................................................................................
42
Gambar
3.10 Project Explorer..........................................................................
42
Gambar
3.11 Kode Windows...........................................................................
43
Gambar
4.1 Aliran Informasi............................................................................
51
Gambar
4.2 Context Diagram dari Sistem.......................................................
51
Gambar
4.2 Data Flow Diagram Level 0 Dari Sistem...................................... 51
Gambar
4.3 Desain Menu Utama.....................................................................
52
Gambar
4.4 Desain Menu File Pemesanan Jasa................................................
53
Gambar
4.5 Desain Menu Input Data Konteiner.............................................
55
Gambar
4.6 Desain Menu Input Data Konsumen............................................
55
Gambar
4.7 Formulir Input Konsumen............................................................ 57
Gambar
4.9 Entity Relationship Diagram (ERD).............................................
60
DAFTAR
TABEL
Tabel
3.1 Simbol Data Flow Diagram..............................................................
28
Tabel
3.2 Simbol Data Flowchart Diagram...................................................... 29
Tabel
331 Simbol Entity Relationship Diagram...............................................
30
Tabel
4.1 Perancangan Database ..................................................................... 58
Tabel
4.2 Perancangan Database Data Konteiner............................................
59
Tabel
4.4 Perancangan Database Input ID Konsumen..................................... 59
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Kerja Praktek
Dalam era
globalisasi dunia dan perdagangan yang bebas diperlukan adanya usaha dengan
sistem tenaga kerja yang profesional dibidangnya masing-masing. Untuk itu selain
mendapatkan berbagai teori dibangku pendidikan formal, maka diperlukan adanya
pengalaman kerja di lapangan. Salah satu cara untuk menambah pengalaman kerja
tersebut adalah dengan mengadakan kerja praktek di tempat yang berkaitan dengan
bidang studi yang dipelajari dibangku kuliah.
Teknologi sangat
penting bagi mahasiswa teknik informatika komputer khususnya mengenai teknologi
informasi dan komunikasi, maka dengan adanya kerja praktek ini mahasiswa
diharapkan bisa memperoleh ilmu yang tidak di dapat dibangku kuliah sekaligus
memperoleh pengalaman yang nantinya bisa menjadi bekal untuk terjun kedunia
usaha setelah lulus dan mempunyai kualitas dalam bersaing di dunia pasar bebas
yang ada pada saat ini. Mengingat masalah diatas maka dapat diambil sebuah fakta
bahwa ilmu yang dipelajari dibangku kuliah akan menjadi sebuah bekal utama para
mahasiswa dalam menjalani kegiatan di dalam dunia kerja. STMIK Budidarma
sendiri mengharapkan dengan adanya kerja praktek ini, mahasiswa dapat terus
belajar dan berkompetensi dalam perkembangan teknologi saat ini.
Setidaknya
dengan adanya kerja praktek ini mahasiswa mampu memberikan kontribusi yang baik
kepada perusahaan, dari segi pembangunan sistem yang ada di dalam perusahaan
sampai memberikan perbaikan-perbaikan dari sistem yang sudah ada. Didalam kerja
praktek mahasiswa dituntut mampu menganalisa sistem yang digunakan, bahkan
kalau mampu mahasiswa juga diharapkan dapat memberikan suatu rancangan sistem
yang terbaru kepada perusahaan, baik dari sistem yang sudah ada sampai
pembuatan sistem yang baru.
Dalam hal ini
perusahaan yang saya pilih sebagai tempat pelaksanaan kerja praktek adalah
PT.Gebrina Utama. Karena diperusahaan ini saya mendapat banyak pengalaman kerja
dan juga dapat mengaplikasikan materi-materi yang diperoleh selama dibangku
kuliah. Dan oleh sebab itu maka saya membuat judul tentang “Sistem Informasi Jasa Konteiner di PT.Gebrina
Utama Cabang Belawan”.
1.2 Perumusan Masalah
Melihat situasi
permasalahan diatas penulis mencoba membuat rumusan masalah antara lain sebagai
berikut :
1. Bagaimana
membuat Sistem Informasi yang cepat dan tepat dalam menangani masalah jasa
konteiner yang ada di PT Gebrina Utama ?
2. Bagaimana
merancang sebuah interface yang baik dan mudah dimengerti oleh seluruh pengguna
yang ada di PT Gebrina Utama ?
1.3
Tujuan Dan Manfaat
1.3.1
Tujuan Kerja Praktek
Dunia usaha
menuntut tenaga kerja yang berkualitas dan dapat mengikuti dinamika
perkembangan dunia usaha. Dengan demikian perusahaan maupun instansi pemerintah
dan swasta sangat membutuhkan tenaga kerja yang berkualitas agar bisa mencapai
sebuah tujuan yang diinginkan oleh sebuah perusahaan yang ada pada saat ini.
Adapun tujuan dan manfaat kerja praktek bagi mahasiswa sebagai berikut :
1.
Mahasiswa dapat
mengetahui dan memahami aplikasi ilmu yang telah didapat diperusahaan.
2.
Melengkapi persyaratan
yang telah di tetapkan oleh Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer
(STMIK) Budidarma Medan.
3.
Mahasiswa dapat
mengetahui produktivitas perusahaan.
4.
Mahasiswa dapat
memahami dan mengerti secara langsung sistem pengaturan daya pada dunia usaha
yang sesungguhnya, dengan hal ini diharapkan akan meningkatkan hubungan yang
baik antara dunia usaha dan pendidikan.
5.
Mahasiswa dapat
mengetahui dan memahami sistem kerja perusahaan dan terjun atau ikut serta
dalam proses kerja.
6.
Mengenalkan dan membiasakan
diri terhadap suasana kerja sebenarnya sehingga dapat membangun etos kerja yang
baik, serta sebagai upaya untuk memperluas cakrawala wawasan kerja bagi
mahasiwa.
7.
Untuk menerapkan dan
membandingkan bagaimana disiplin ilmu yang didapat dalam dunia pendidikan
dengan kenyataan dilapangan kerja.
8.
Merubah prilaku seorang
mahasiswa menjadi seorang pekerja.
9.
Meningkatkan dan
memperluas serta memantapkan keterampilan yang telah dimiliki di STMIK
BUDIDARMA.
10. Sebagai
suatu syarat bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan pendidikan khusus Strata-1
pada lembaga pendidikan di STMIK BUDIDARMA.
1.3.2
Manfaat kerja Praktek
Manfaat yang
diperoleh dalam Kerja Praktek bagi penulis dan perusahaan adalah :
1. Menjalin
kerja sama yang baik antara pihak perusahaan/instansi dengan lembaga pendidikan
khususnya Fakultas Teknik Informatika Komputer.
2. Menambah
kreatifitas diri dan membuka wawasan mahasiswa serta mengasah kemampuan yang
dimiliki
3. Mengetahui
sejauh mana kemampuan kita dalam mengatasi masalah atau tugas yang diberikan,
sehingga dapat belajar untuk bisa lebih baik lagi.
4. Dapat
memperluas wawasan sekaligus menambah pengalaman tentang kondisi lingkungan
kerja agar tidak merasa asing atau takut ketika terjun kedunia kerja yang
sebenarnya.
5. Mengidentifikasikan
permasalahan-permasalahan yang mungkin ditemukan dalam pelaksanaan kerja
praktek sehingga dapat memberikan alternatif penyelesaian.
1.4
Ruang Lingkup Pembahasan
Untuk
menghindari hal-hal yang menyimpang dari judul dan tujuan utama penulis
mengingat terbatasnya kemampuan penulis, maka dalam hal ini penulis membuat
batasan masalah yang akan dibahas yaitu :
1. Masalah
yang dibahas hanya mengenai permohonan jasa konteiner pada PT GEBRINA UTAMA.
2. Hanya
membahas data konteiner, data tanggal peminjaman konteiner dan data tanggal
pengembalian konteiner.
3. Hanya
menampilkan laporan data konteiner, laporan customer dan laporan data tanggal
peminjaman dan laporan data tanggal pengembalian konteiner.
4.
Bahasa pemograman yang
digunakan adalah visual studio 2008 dan aplikasi database yang digunakan adalah
MySQL.
1.5 Metodologi Penulisan
Langkah-langkah yang penulis lakukan
dalam melakukan kegiatan kerja praktek adalah sebagai berikut :
1.
Penelitian Pustaka (Library Research)
Dalam
melakukan penelitian pustaka penulis membaca buku yang terkait dengan judul
yang akan dikembangkan.
2. Penelitian
Lapangan
Penelitian
lapangan yang penulis lakukan dengan cara mendatangi langsung dan melakukan
observasi langsung tehadap hal-hal yang ingin dikembangkan serta melakukan
wawancara terhadap orang-orang yang penulis anggap memiliki keterkaitan dengan
perihal yang akan diangkat.
1.7
Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan laporan kerja
praktek ini adalah sebagai berikut :
BAB
I : PENDAHULUAN
Pada
bab ini penulis menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan
dan manfaat penelitian, ruang lingkup pembahasan, metode penulisan dan
sistematika penulisan.
BAB
II : GAMBARAN UMUM
PERUSAHAAN
Pada
bab ini penulis menguraikan mengenai sejarah singkat perusahaan, struktur
organisasi PT Gebrina Utama,lokasi kerja praktek.
BAB
III : LANDASAN TEORI
Pada
bab ini merupakan uraian mengenai teori-teori yang menerangkan permasalahan
yang akan diteliti secara ringkas.
BAB
IV : ANALISA DAN PEMBAHASAN
Pada
bab ini penulis menguraikan tentang sistem yang sedang berjalan, fungsi dan
kegunaan sistem, diagram aliran data, kelemahan dan keuntungan sistem yang
dirancang.
BAB
V : KESIMPILAN DAN SARAN
Pada
bab ini, penulis mencoba menarik kesimpulan berdasarkan apa yang penulis
rasakan pada saat melakukan kerja praktek serta saran-saranyang sifatnya
membangun guna agar supaya dapat bermanfaat bagi penulis secara pribadi, bagi
pihak perusahaan, maupun bagi pihak-pihak yang merasa membutuhkan atas
penelitian ini.
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1
Sejarah Singkat Perusahaan
PT Gebrina Utama
Belawan adalah anak cabang dari PT Gebrina Utama Banda Aceh yang berdiri pada
tanggal 07 April 1988, adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa
trasnportasi BBM sekaligus agen perdagangan BBM yang berkerjasama dengan
PT.Pertamina, dimana saat ini masih banyak kendala dan tantangan yang dihadapi
Negara Indonesia.
Persoalan dan
Tantangan Bangsa Indonesia dimasa yang akan datang akan semangkin berat seiring
dengan perkembangan global, pasar bebas, pertambahan jumlah penduduk serta
sangat banyak kebutuhan BBM, pada masa ini tidak mungkin semua persoalan dan
tantangan dipikul dan dihadapi oleh pemerintah saja, diperlukan kepedulian,
peran serta dari segenap state holder dan potensi Nasional, agar bangsa
Indonesia mampu Survive dan meningkat kesejahteraannya
Untuk mewujutkan
bertarap kelas dunia PT Gebrina utama menjalin rekanan kerja yang ternama di antaranya
:
1.
PT Mobile Oil Indonesia
INC
2.
PT PLN (PERSERO)
3.
PT (Persero) Pelabuhan
Indonesia I Belawan
4.
PT Medco E&P
Indonesia
5.
PT Exxon Mobile
Indonesia
6.
PT Arun NGL
7.
PT Energenci Management
Indonesia (Persero)
8.
PT Renco Elang Energi
PTE,LTD
9.
PT Tempuran MAS
10.
PT Salam Pacifik
Indonesia Line
11.
PT Jaya Baruna
12.
PT Gabion Harapan
Perkasa
13.
PT Andal Bentara
Samudera
14.
PT Union Siak (P.Baru)
15.
PT Andalas Agro Lestari
16.
PT Hervenia Kampar
Lestari
17.
PT Transco Pratama
(Sumbar)
18.
PT Megasawindo Perkasa
(Jambi)
19.
PT PP London Sumatera
20.
PT Bakrie Sumatra
Plantation
21.
Bulk Haul PTE LTD
Singapore
22.
PT.Andalas Agro Lestari
Setelah menjalin
hubungan dengan prusahaan yang ternama, PT Gebrina Utama menawarkan berbagai Jasa, diantaranya
1.
Perdagangan/Pemasok
Barang
2.
Perdaganan Besar BBM
Industri, Bahan Bakar Pelumas dan Minyak Gas
3.
Jasa Transportasi Cargo
4.
Jasa Pengurusan Ekspor
Impor
5.
Jasa Pelayanan Penanganan/
Handling Peti Kemas
6.
Jasa Perencanaan Umum
7.
Jasa Konstruksi
8.
Jasa Perkebunan Kelapa
Sawit
2.2 Visi
PT Gebrina Utama
Menjadi
perusahaan yang handal dan terdepan dalam bidang jasa, perdagangan dan
pemasok barang dengan kualitas kelas dunia
2.3 Misi
PT Gebrina Utama
PT Gebrina
mempunyai komitmen dasar perusahaan antara lain :
1. Mempertahankan
dan meningkatkan citra terbaik perusahaan.
2. Menyediakan
jasa dan perdaganan terbaik pada konsumen.
3. Mendapatkan
kepercayaan dari pelanggan melalui profesionalisme.
4. Menyediakan
lingkungan kerja yang aman ,mensejahterakan dan memberikan kesempatan untuk
berkembang secara profesional bagi karyawan.
5. Menjadi
perusahaan yang kuat dan bertumbuh, serta siap untuk menghadapi persaingan
regional maupun global.
2.4 Arti Logo PT
Gebrina Utama
Dibawah ini
merupakan gambar dari logo PT. Gebrina Utama
Sumber : PT.Gebrina Utama Banda
Aceh
Logo PT.Gebrina mempunyai arti
sebagai berikut :
1) Warna merah
merupakan semangat yang optimis, dan berkomitmen untuk melayani sebaik-baiknya.
2) Warna Putih
merupakan kemurnian yang mampu melindungi seluruh kepercayaan konsumen dengan
inovasi-inovasi yang terbaru.
3) Logo berbentuk Segi
Empat merupakan Perusahaan yang bertekat
dalam melayani konsumen dengan kinerja dan pemikiran yang matang.
2.5 Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah menggambarkan fungsi
serta tanggung jawab semua bagian-bagian yang terlibatkan dalam melakukan
aktivitas atau kegiatan suatu perusahaan dalam rangka mencapai tujuan yang
telah ditetapkan oleh perusahaan tersebut. Perusahaan dapat disebut juga
sebagai suatu wadah kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu didalam
pelaksanaannya akan berhubungan dengan pembagian tugas yang menyangkut kepada
pembagian wewenang dan tanggung jawab. Dengan demikian akan dapat diketahui
oleh pegawai apa yang harus dikerjakan dan kepada siapa ia harus bertanggung
jawab atas segalanya.
Secara umum dapat disimpulkan unsur-unsur struktur
organisasi yaitu sebagai berikut:
a)
Adanya
sekelompok orang
b)
Adanya
maksud untuk bekerja sama
c)
Adanya
pengaturan hubungan
d) Adanya
tujuan yang hendak dicapai
Struktur
organisasi mengandung unsur-unsur spesialisasi tujuan, standarisasi,
koordinasi, sentralisasi, dan desentralisasi dalam pembuatan keputusan. Dengan
adanya sistem organisasi yang baik, merupakan persyaratan mutlak untuk kemajuan
suatu perusahaan. Apabila suatu perusahaan tidak memiliki sistem organisasi
yang baik, suatu saat perusahaan itu lambat laun akan mengalami kehancuran.
Struktur organisasi yang disusun harus bersifat fleksibel agar tidak
diperlakukan perubahan struktur organisasi apabila perusahaan itu mengalami
suatu perkembangan.
Stuktur
organisasi di PT. Gebrina Utama digunakan untuk menunjang proses pelaksanaan
kegiatan agar terstruktur dan terorganisir dengan baik secara hirarki sesuai
dengan bagian dan bidangnya masing-masing, dengan adanya struktur organisasi
maka proses dalam pekerjaan akan menjadi lebih mudah dikendalikan dan
dikerjakan, sebab setiap bagian-bagian struktur telah memahami tugas dan
fungsinya masing-masing. Dalam proses bagian-bagian dari struktur organisasi
dapat bekerja sama dalam penanggulangan kerja yang dihadapinya.
Organisasi dalam
arti bagan atau struktur adalah gambaran secara skematis tentang hubungan kerja
secara perorangan yang terdapat dalam suatu perusahaan untuk mencapai suatu
tujuan tertentu.
Bentuk-bentuk
struktur organisasi dapat digolongkan menjadi 3 bagian yaitu :
1) Organisasi
garis
Sistem organisasi garis sangatlah
sederhana dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan kecil, selain itu
organisasi garis juga mempunyai disiplin kerja yang lebih tajam. Kekurangan
dari system organisasi garis adalah kemungkinan timbulnya birokrasi selalu ada.
2) Organisasi
fungsional
Sistem organisasi ini diterapkan adalah
dengan adanya keahlian kemampuan dalam melakukan pertumbuhan besarnya suatu
perusahaan akibat pembagian kerja didalam suatu perusahaan
3) Organisasi
Lini dan Staff
Sistem organisasi ini merupakan
perpaduan dari kebaikan-kebaikan kedua organisasi yang terbatas. Organisasi ini
diciptakan oleh Emerson. Untuk mencapai suatu maksud dibentuk staff yang
terdiri dari ahli-ahli dimana kedudukannya setingkat dengan puncak pimpinan,
kabag, atau dengan kata lain berada pada setiap tingkatan bawah yang mempunyai
para staff.
Garis struktur
atau garis komando jelas menunjukkan fungsi dan kedudukan dari organisasi itu
sendiri. Pada PT Gebrina Utama juga
memiliki garis komando yang sangat jelas susunannya dari atas hingga bagian
bawah. Apabila proses pelaksanaannya tidak sesuai dengan garis komando maka
akan terjadinya kekacauan pada pelaksanaan dilapangan maka dari itu
bagian-bagian dari struktur organisasi harus bekerja berdasarkan susunan yang
telah ditetapkan.
2.6 Hak Dan Wewenang
Adapun hak dan wewenang adalah sebagai
berikut :
1.
Komisaris
a) Melakukan
pengawasan terhadap kebijakan direksi perusahaan.
b) Melakukan
penyusunan terhadap tanggung jawab perusahaan.
c) Memberikan
rekomendasi tentang manajemen resiko perusahaan.
d) Mengevaluasi
dan menolak permintaan dari direksi untuk transaksi tertentu.
e) Mengambil
keputusan didalam maupun diluar rapat komisaris.
2.
Direktur Utama
a) Memimpin
seluruh dewan atau komite eksekutif
b) Menawarkan
visi dan imajinasi di tingkat tertinggi
c) Bertindak
sebagai perwakilan organisasi dalam hubungannya dengan dunia luar
d) Memainkan
bagian terkemuka dalam menentukan komposisi dari board dan sub-komite, sehingga
tercapainya keselarasan dan efektivitas
e) Mengambil
keputusan sebagaimana didelegasikan oleh BOD atau pada situasi tertentu yang
dianggap perlu, yang diputuskan, dalam meeting-meeting BOD.
f) Menjalankan
tanggung jawab dari direktur perusahaan sesuai dengan standar etika dan hukum,
3.
Direktur
a) Memimpin
dan mengkoordinasi perusahaan
b) Mengendalikan
perusahaan secara bijaksana
c) Merencanakan
dan mengembangkan perusahaan
d) Melaksanakan
tugas dan tanggung jawab yang telah disepakati oleh komisaris
4.
Manager Umum
a) Melaksanakan
rekruitment tenaga ahli/auditor sesuai kebutuhan.
b) Melaksanakan
peningkatan kompetensi personel.
c) Melakukan
koordinasi dengan Direktur Sertifikasi
5. Manager
Operasi
a) Manajer
bertanggung jawab atas proses produksi
b) Membuat
keputusan perencanaan anggaran produksi dan tingkat persediaan
c) Menentukan
prosedur kebijakan operasional perusahaan
6. Manager
ADM & IT
a) Mengagendakan
Surat Masuk dan Surat Keluar.
b) Mengarsip
Surat Masuk dan Surat Keluar.
c) Membuat
rencana dan mengevaluasi kerja harian dan bulanan untuk memastikan tercapainya
kualitas target kerja yang dipersyaratkan dan sebagai bahan informasi kepada
atasan.
d) Melakukan
pengecekan terhadap software dan hadware computer
e) Memastikan
semua hadware dan computer berfungsi optimal
7. Pengawasan
Keuangan Akutansi & Pajak
a) Pengkajian
dan penyusunan kebijakan nasional di bidang pengawasan keuangan dan pembangunan
b) Pemantauan,
pemberian bimbingan, dan pembinaan terhadap kegiatan pengawasan keuangan dan
pembangunan
c) Pengawasan
terhadap pajak prusahaan.
8. Manager
Keuangan
a) Mengambil
keputusan investasi (investment
decision), Menyangkut masalah pemilihan investasi yang diinginkan dari
sekolompok kesempatan yang ada, memilih satu atau lebih alternatif investasi
yang dinilai paling menguntungkan.
b) Mengambil
keputusan pembelanjaan (financing
decision), Menyangkut masalah pemilihan berbagai bentuk sumber dana yang
tersedia untuk melakukan investasi, memilih satu atau lebih alternatif
pembelanjaan yang menimbulkan biaya paling murah.
c) Mengambil
keputusan dividen (dividend decision)
atau dividen policy, Menyangkut masalah penentuan besarnya persentase dari laba
yang akan dibayarkan sebagai dividen tunai kepada para pemegang saham,
stabilitas pembayaran dividen, pembagian saham dividen dan pembelian kembali
saham-saham.
9. HSE
Manager
a) Membuat
program kerja K3 dan perencanaan pengimplementasiannya
b) Membuat
laporan HSE dan menganalisis data statistik kecelakaan kerja.
c) Memastikan
tenaga kerja telah bekerja sesuai dengan SOP.
d) Meninjau
dan mengarahkan karyawan bekerja sesuai kewajiban dan sesuai dengan sistem
operasi perusahaan
10. KA
WIL OP Medan
a) Mengatur
dan membawahi suatu daerah tertentu.
b) Sebagai
penanggung jawab pelaksana prosedur pekerjaan.
c) Mengayomi
para pekerja.
d) Dengan
adanya pimpinan cabang diharapkan agar seluruh pekerja mampu bekerja lebih baik
lagi.
11. SUB
BAG ADM Keuangan
a) melakukan
penelitian dan analisa keuangan termasuk masalah pajak
melakukan verifikasi ulang atas semua bukti kas,penerimaan dan pengeluaran kas
melakukan verifikasi ulang atas semua bukti kas,penerimaan dan pengeluaran kas
b) melakukan
verifikasi atas semua buku penjualan tunai, faktur penjualan dan nota
pembelian serta bukti barang dari perusahaan ke konsumen
c) menandatangani
seluruh dokumen yang berkaitan dengan aministrasi perusahaan
d) membuat
evaluasi kegiatan perusahaan bidang keuangan
12. SUB
BAG Mobil & Gudang
a) Melakukan
Pengecekan dan memperbaiki kerusakan terhadap mobil.
b) Melakukan
pengecekan terhadap gudang
c) Melaporkan
kendala dan permasalahan yang terjadi pada mobil dan gudang
d)
Melaporkan kebutuhan
gudang dan mobil.
e) Bertanggung
jawab terhadap permasalahan gudang dan mobil
13. STAFF
Membuat
dan melaporkan data atas perintah atasanya masing - masing dengan metode atau
prosedur yang telah ditetapkan oleh para manajer masing - masing, sehingga
hasil bisa dipertanggung jawabkan kebenaranya.
2.7
Lokasi Kerja Praktek
Penulis melaksanakan
kerja praktek di PT Gebrina Utama yang beralamat di Jl. Sulawesi II No.99-S
Belawan 20411 Indonesia
BAB III
LANDASAN
TEORI
3.1 Konsep Sistem Informasi
3.1.1 Sistem
Sistem
adalah kumpulan dari elemen – elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu
tujuan tertentu. (Jogiyanto HM, 2005:2) sistem adalah suatu jaringan dari
prosedur - prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk
menyelesaikan suatu sasaran tertentu, dimana prosedur suatu sistem merupakan
suatu urutan operasi klasikal (tulis-menulis), dan melibatkan beberapa orang di
dalam satu atau lebih departemen, yang diterapkan untuk menjamin penanganan
yang seragam dari transaksi - transaksi bisnis yang terjadi. (Jogiyanto HM,
1989:11). Definisi yang lain menyebutkan bahwa sistem merupakan suatu kumpulan
dari komponen – komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya
membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu. (Jogiyanto HM,
2003:34).
Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa sistem adalah serangkaian metode dan prosedur atau teknik yang disatukan oleh instruksi yang ada sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh.
Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa sistem adalah serangkaian metode dan prosedur atau teknik yang disatukan oleh instruksi yang ada sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh.
Suatu
sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, artinya saling
bekerjasama membentuk satu kesatuan yang tidak dapat berdiri sendiri untuk
mencapai tujuan atau sasaran sistem, suatu sistem bagaimanapun kecilnya selalu
mengandung komponen-komponennya yang dapat berupa subsistem-subsistem atau
bagian-bagian suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara
keseluruhan.
Sistem
dapat didefinisikan menjadi dua kelompok pendekatan yaitu pendekatan yang menekankan
pada prosedurnya dan pendekatan yang menekankan pada elemen atau komponennya.
(Jogiyanto HM, 2009)
Ada beberapa
pendapat mengenai sistem diantaranya adalah :
1. Sistem adalah kumpulan dari elemen –
elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. (Jogiyanto HM,
2005:2)
2. Sistem adalah suatu jaringan dari
prosedur – prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama – sama untuk
melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu,
dimana prosedur suatu sistem merupakan suatu urut – urutan operasi klasikal
(tulis-menulis), dan melibatkan beberapa orang di dalam satu atau lebih
departemen, yang diterapkan untuk menjamin penanganan yang seragam dari
transaksi – transaksi bisnis yang terjadi. (Jogiyanto HM, 1989:11).
3. sistem merupakan suatu kumpulan dari
komponen – komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya membentuk
satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu. (Jogiyanto HM, 2003:34).
3.1.2
Karakteristik Sistem
Menurut
Jogiyanto(2001:1) bahwa sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu,
yaitu mempunyai
mempunyai komponen-komponen(components),
batas sistem(boundary), lingkungan
luar sistem (environments),
penghubung (interface), masukan(input), keluaran (output), pengolahan (process),
sasaran (objectives), dan tujuan (goal).Suatu sistem mempunyai karakteristik
atau sifat-sifat tertentu, yaitu :
1.
Komponen (components)
Terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, dan
bekerja sama
membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen dapat terdiri dari beberapa
subsistem atau subbagian, dimana setiap subsistem tersebut memiliki
fungsi khusus dan akan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.
membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen dapat terdiri dari beberapa
subsistem atau subbagian, dimana setiap subsistem tersebut memiliki
fungsi khusus dan akan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.
2. Batas sistem (boundary)
Merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan
sistem lainnya
atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem
dipandang sebagai satu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang
lingkup (scope) dari sistem tersebut.
atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem
dipandang sebagai satu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang
lingkup (scope) dari sistem tersebut.
3. Lingkungan luar sistem (environments)
Adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi
operasi sistem.
Lingkungan luar dapat bersifat menguntungkan dan merugikan.
Lingkungan yang menguntungkan harus tetap dijaga dan dipelihara,
sebaliknya lingkungan yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan,
kalau tidak ingin terganggu kelangsungan hidup sistem.
Lingkungan luar dapat bersifat menguntungkan dan merugikan.
Lingkungan yang menguntungkan harus tetap dijaga dan dipelihara,
sebaliknya lingkungan yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan,
kalau tidak ingin terganggu kelangsungan hidup sistem.
4. Penghubung (interface)
Merupakan media penghubung antar
subsistem, yang memungkinkan sumbar-
sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lainnya.
Keluaran (output) dari satu subsistem akan menjadi masukan (input) untuk
subsistem lainnya melalui penghubung disamping sebagai penghubung untuk
mengintegrasikan subsistem-subsistem menjadi satu kesatuan.
sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lainnya.
Keluaran (output) dari satu subsistem akan menjadi masukan (input) untuk
subsistem lainnya melalui penghubung disamping sebagai penghubung untuk
mengintegrasikan subsistem-subsistem menjadi satu kesatuan.
5. Masukan (input)
Adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem, yang dapat
berupa masukan
perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input).
Masukan perawatan adalah energi yang dimasukkan supaya sistem dapat
beroperasi, sedangkan masukan sinyal adalah energi yang diproses untuk
mendapatkan keluaran. Sebagai contoh di dalam sistem komputer, program
adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.
perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input).
Masukan perawatan adalah energi yang dimasukkan supaya sistem dapat
beroperasi, sedangkan masukan sinyal adalah energi yang diproses untuk
mendapatkan keluaran. Sebagai contoh di dalam sistem komputer, program
adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.
6. Keluaran (output)
Adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan
menjadi keluaran
yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain. Misalnya untuk sistem komputer, panas yang dihasilkan adalah keluaran yang tidak berguna dan merupakan hasil sisa pembuangan, sedangkan informasi adalah keluaran yang dibutuhkan.
yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain. Misalnya untuk sistem komputer, panas yang dihasilkan adalah keluaran yang tidak berguna dan merupakan hasil sisa pembuangan, sedangkan informasi adalah keluaran yang dibutuhkan.
7. Pengolah (process)
Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan
merubah
masukan menjadi keluaran. Suatu sistem produksi akan mengolah masukan
berupa bahan baku dan bahan-bahan lain menjadi keluaran berupa barang
jadi. Sistem akuntansi akan mengolah data-data transaksi menjadi laporan-
laporan keuangan dan laporan-laporan lain yang dibutuhkan oleh manajemen.
masukan menjadi keluaran. Suatu sistem produksi akan mengolah masukan
berupa bahan baku dan bahan-bahan lain menjadi keluaran berupa barang
jadi. Sistem akuntansi akan mengolah data-data transaksi menjadi laporan-
laporan keuangan dan laporan-laporan lain yang dibutuhkan oleh manajemen.
8. Sasaran (objectives) atau tujuan (goal)
Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective).
Kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak
akan ada gunanya. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukan
yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem.
Suatu sistem dikatakan bersila bila mengenai sasaran atau tujuannya.
Kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak
akan ada gunanya. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukan
yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem.
Suatu sistem dikatakan bersila bila mengenai sasaran atau tujuannya.
3.1.3 Klasifikasi
Sistem
Menurut Jogiyanto
(2001:9) bahwa sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang,
diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Sistem ABSTRAK (Abstract system)
Sistem ini merupakan sistem yang
tidak tampak secara fisik, karena hanya berupa pemikiran atau ide-ide.
Contoh : Sistem Teologia yang merupakan suatu sistem yang menggambarkan hubungan
Tuhan dengan manusia.
2. Sistem FISIK (Physical system)
Sistem fisik merupakan sistem yang
tampak secara fisik sehingga setiap mahluk dapat melihatnya. Contoh : Sistem Komputer, Sistem
Akuntansi, Sistem Produksi
3. Sistem ALAMIAH (Natural system)
Sistem alamiah ini adalah sistem
yang terjadi dari proses - proses alam dalam arti tidak dibuat oleh manusia. Contoh : Sistem Geologi : sungai,
pegunungan ,Sistem Solar : galaxy, tata surya
4. Sistem buatan manusia (Human made system)
Sistem ini merupakan sistem yg
dirancang & didisain oleh manusia.
Contoh : Sistem Informasi - manusia – compute Man - machine system / human-machine system Interaksi antara manusia dan mesin
Contoh : Sistem Informasi - manusia – compute Man - machine system / human-machine system Interaksi antara manusia dan mesin
5. Sistem Deterministik (Deterministic System )
Sistem yg beroperasi dengan tingkah
laku yg dapat diramalkan disebut sistem deterministik . Interaksi antar
tiap-tiap bagian dapat dideteksi, sehingga out- putnya juga dapat diramalkan. Contoh : Sistem Komputer
6. Sistem Tak Tentu (Probabilistic System )
Sistem ini adalah sistem dimana
kondisi masa depannya tak dapat diramalkan karena mengandung probabilitas. Contoh : Sistem Manusia
7. Sistem Tertutup (closed system)
Sistem tertutup adalah sistem yang
tidak berhubungan dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan luarnya. Sebenarnya
didunia ini tidak ada sistem yg benar-benar tertutup. Yang ada hanyalah sistem
yang secara relatif tertutup (relatively
closed system )
8. Sistem Terbuka (open system)
Sistem ini kebalikan dari sistem
tertutup, karena sistem terbuka adalah sistem yg berhubungan dan dipengaruhi
oleh lingkungannya. Oleh sebab itu sistem ini harus mempunyai suatu sistem
pengendalian (control system) yang
baik, agar yg masuk
hanya pengaruh – pengaruh yang baik saja. Contoh
: sistem kebudayaan Indonesia.
3.1.4 Informasi
Pengertian Informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari
pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi
penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian (event) yang nyata
(fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan”
Informasi merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam
setiap Yayasan Perguruan Indonesia Membangun. Informasi di dalam kaitannya
dengan komputer merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi, sebab hampir
seluruh pekerjaan dilakukan dengan menggunakan komputer dan output yang
dihasilkan adalah informasi bagi yang menggunakannya (user).
Menurut Jogiyanto (2005:8) dalam bukunya “Analisis dan
desain sistem informasi” informasi diartikan sebagai data yang diolah menjadi
bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi para penerimanya.
Sumber dari informasi adalah data. Data adalah kenyataan
yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.
Kejadian-kejadian adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Di
dalam dunia bisnis, kejadian-kejadian yang sering terjadi adalah transaksi
perubahan dari suatu nilai yang disebut transaksi. Kesatuan nyata adalah berupa
suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan
terjadi.
Data merupakan bentuk yang masih mentah, belum dapat
bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data diolah melalui suatu
metode untuk menghasilkan informasi. Data dapat berbentuk simbol-simbol semacam
huruf, angka, bentuk suara, sinyal, gambar, dsb.
Data yang diolah melalui suatu model menjadi informasi,
penerima kemudian menerima informasi tersebut, membuat suatu keputusan dan
melakukan tindakan, yang berarti menghasilkan suatu tindakan yang lain yang
akan membuat sejumlah data kembali. Data tersebut akan ditangkap sabagai input,
diproses kembali lewat suatu model dan seterusnya membentuk suatu siklus.
Siklus informasi ini dapat Informasi. kualitas informasi ditentukan oleh
beberapa faktor yaitu sebagai berikut :
1. Keakuratan dan teruji
kebenarannya.Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak
menyesatkan.
2. Kesempurnaan informasi Informasi
disajikan dengan lengkap tanpa pengurangan, penambahan, dan pengubahan.
3. Tepat waktu Infomasi harus disajikan
secara tepat waktu, karena menjadi dasar dalam pengambilan keputusan.
4. Relevansi Informasi akan memiliki
nilai manfaat yang tinggi, jika Informasi tersebut dapat diterima oleh mereka
yang membutuhkan.
5. Mudah dan murah Apabila cara dan
biaya untuk memperoleh informasi sulit dan mahal, maka orang menjadi tidak
berminat untuk memperolehnya, atau akan mencari alternatif substitusinya.
Kualitas suatu informasi tergantung dari tiga hal, yaitu :
a. Akurat, berarti informasi harus
bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya.
b. Tepat pada waktunya, berarti
informasi yang diterima tidak boleh terlambat.
c.
Relevan, berarti informasi tersebut mempunyai manfaat dari
pemakainya.
3.1.5
Jenis-jenis Sistem Informasi
Adapun jenis-jenis system informasi
adalah sebagai berikut :
1. Transaction Processing System (TPS)
a.
sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan
untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin
seperti daftar gaji dan inventarisasi.
b.
TPS menghapus rasa bosan saat melakukan transaksi operasional
sekaligus mengurangi waktu, meskipun orang masih harus memasukkan data ke
sistem komputer secara manual.
c.
merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi
berinteraksi dengan lilngkungan eksternal. Karena manajer melihat data-data
yang dihasilkan oleh TPS untuk memperbaharui informasi setiap menit mengenai
apa yang terjadi di perusahaan mereka.
2. Office Automation System (OAS) dan Knowledge Work System (KWS)
a.
Office Automation System (OAS) mendukung pekerja data
b.
OAS yang sudah kita kenal seperti word proessing, spreadsheets,
destop, publishing, electronic
scheduling dan komunikasi melalui voice
mail, email, dan video confrencing.
c.
Knowledge Work System (KWS) mendukung para pekerja
profesional seperti ilmuwan, insinyur, dan doktor dengan membantu mereka
menciptakan pengetahuan baru dan memungkinkan mereka mengkontribusikannya ke
organisasi atau masyarakat.
3. Sistem Informasi Manajemen (SIM)
a.
Sistem Informasi Manajemen (SIM) tidak menggantikan Transaction Processing System.
b.
SIM mencakup pengolahan transaksi
c.
SIM adalah sistem informasi yang sudah terkomputerisasi yang
bekerja karena adanya interaksi antara manusia dan komputer
d.
SIM mendukung spektrum tugas-tugas organisasional yang lebih
luas dari Transaction Processing Systems,
termasuk analisis keputusan dan pembuatan keputusan.
e.
SIM menghasilkan output informasi yang digunakan untuk
membuat keputusan. SIM juga dapat membantu menyatukan beberapa fungsi informasi
bisnis yang sudah terkomputerisasi, meski tidak berupa suatu struktur tunggal.
4. Decision
Support System (DSS)
a.
Decision Support System (DSS) adalah Kelas sistem informasi
terkomputerisasi pada level yang lebih tinggi
b.
DSS hampir sama dengan SIM tradisional kerena keduanya
sama-sama tergantung pada basis data sebagai sumber data
c.
DSS berangkat dari SIM tradisional kerena menekankan pada
fungsi mendukung pembuatan keputusan di seluruh tahap-tahapnya.
5. Artificial
Intellegence (AI)
Sebuah program komputer yang
dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya
seorang pakar (human expert).
6. Executive
Support System (ESS)
a.
Executive Support System (ESS) membantu para eksekutif
mengatur interaksi mereka dengan lingkungan eksternal dengan menyediakan
grafik-grafik dan pendukung komunikasi di tempat-tempat yang bisa di akses
seperti kantor
b. ESS tergantung pada informasi yang
dihasilkan oleh TPS dan SIM
c.
ESS membantu pengguna mengatasi problem keputusan yang tidak
terstruktur, yang bukan aplikasi khusus, dengan menciptakan lingkungan yang
kondusif untuk memikirkan problem-problem strategis.
3.1.6
Sistem Informasi
Secara umum,
sistem informasi adalah sebagai kumpulan elemen yang saling berhubungan satu
sama lain yang membentuk satu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memperoses
dan menyimpan serta mendistribusikan informasi.
Menurut
Abdul Kadir (2001:11), sistem
informasi adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya manusia,
computer untuk mengubah masukan (input)
menjadi keluaran (output), guna
mencapai sasaran-sasaran perusahaan.
Dari beberapa pengertian diatas, dapat
diambil kesimpulan bahwa sistem informasi adalah kumpulan dari
komponen-komponen dalam perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan
proses penciptaan dan pengaliran informasi. Jadi keadaan ataupun kekuratan
suatu sistem informasi terletak pada keterikatan antara komponen yang ada,
dapat dihasilkan dan dialirkan suatu informasi yang berguna bagi yang berguna
bagi yang menggunakannya.
3.2. Pengertian Jasa
Phillip Kotler
jasa adalah setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak
ke pihak lain yang secara prinsip intangibel dan tidak menyebabkan perpindahan
kepemilikan apapun. Produksinya bisa terkait dan bisa juga tidak terikat pada
suatu produk fisik menurut Phillip Kotler,
jasa adalah aktivitas ekonomi yang
mempunyai sejumlah elemen (nilai atau manfaat) intangibel yang berkaitan
dengannya, yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau
dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.
Perubahan daiam kondisi bisa saja muncul dan produksi suatu jasa bisa memiliki
atau bisa juga tidak mempunyai kaitan dengan produk fisik. Menurut Adrian
Payne: jasa
adalah proses yang terdiri atas serangkaian aktivitas intangible yang
biasanya(namun tidak harus selalu) terjadi pada interaksi antara pelanggan
dan karyawan jasa
dan atau sumber daya fisik atau barang dan atau sistem penyedia jasa, yang
disediakan sebagai solusi atas masalah pelanggan". Interaksi antara
penyedia jasa dan pelanggan kerapkali terjadi dalam jasa, sekalipun pihak-pihak
yang terlibat mungkin tidak menyadarinya. Selain itu, dimungkinkan ada situasi
di mana pelanggan sebagai individu tidak berinteraksi langsung dengan perusahaan
jasa. Menurut Christian Gronross
3.2.1 Karakteristik Jasa
Seringkali
dikatakan bahwa jasa memiliki karakteristik unik yang
membedakannya dari barang atau produk-produk manufaktur. Empat karakteristik
yang paling sering dijumpai dalam jasa dan pembeda dari barang pada umumnya
adalah
1. Tidak
berwujud
Jasa
bersifat abstrak dan
tidak berwujud, berarti jasa tidak dapat dilihat, dirasakan, dicicipi atau
disentuh seperti yang dapat dirasakan dari suatu barang.
2. Heteregonitas
Jasa
merupakan variabel non – standar dan sangat bervariasi. Artinya, karena jasa
itu berupa suatu unjuk kerja, maka tidak ada hasil jasa yang sama walaupun
dikerjakan oleh satu orang. Hal ini dikarenakan oleh interaksi manusia
(karyawan dan konsumen) dengan segala perbedaan harapan dan persepsi yang
menyertai interaksi tersebut.
3. Tidak
dapat dipisahkan
Jasa
umumnya dihasilkan dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan, dengan partisipasi
konsumen dalam proses tersebut. Berarti, konsumen harus berada di tempat jasa
yang dimintanya, sehingga konsumen melihat dan bahkan ikut ambil bagian dalam
proses produksi tersebut.
4. Tidak
tahan lama
Jasa
tidak mungkin disimpan dalam persediaan. Artinya, jasa tidak bisa disimpan,
dijual kembali kepada orang lain, atau dikembalikan kepada produsen jasa
dimana ia membeli jasa.
3.3 Siklus
Hidup Pengembangan Sistem
Siklus hidup
pengembangan sistem atau system development
life cycle merupakan suatu bentuk yang digunakan untuk menggambarkan tahapan
utamadan langkah-langkah didalam tahapan tersebut dalam proses pengembangannya.
Tahapan-tahapan dalam Siklus hidup pengembangan sistem terdiri dari :
Tahapan-tahapan dalam Siklus hidup pengembangan sistem terdiri dari :
1.
Tahap perencanaan
2.
Tahap analisis sistem
3.
Tahap desain sistem
4.
Tahap seleksi sistem
5.
Tahap implementasi dan
perawatan system
3.4 Analisa
Sistem
3.4.1 Defenisi
Analisa Sistem
Jogiyanto
HM. ( 1990 : 129 ) Mendefinisikan analisa sistem sebagai berikut : “Penguraian
dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan
maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan,
hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat
diusulkan perbaikannya”. Tahapan analisa sistem dilakukan dengan tujuan sebagai
berikut :
1. Memahami
kerja dari sistem yang ada dan menemukan kelemahan-kelemahan sistem yang lama
selanjutnya diusulkan perbaikannya.
2. Mengidentifikasikan
masalah-masalah kebutuhan pemakai (user) dengan mempelajari bentuk formulir
laporan-laporan yang telah dihasilkan oleh sistem yang sedang berjalan.
3. Mengetahui
informasi apa saja yang dibutuhkan user dan mengetahui gambaran dengan jelas
apa yang dikerjakan pada tahap perancangan dengan alternatif pemecahan masalah
yang paling cepat.Alat yang digunakan dalam melakukan analisa sistem secara
terstruktur yaitu physical model yang digambarkan dengan flowmap.
3.5 Pengertian Perancangan Sistem
Setelah tahap
analisis sistem selesai dilakukan, maka analis sistem telah mendapatkan
gambaran dengan jelas apa yang harus dikerjakan. Tiba waktunya bagi analis
sistem untuk memikirkan bagaimana membentuk sistem tersebut. Tahap ini disebut
dengan perancangan sistem.
Menurut John Burch & Gary Grudnitski Desain sistem dapat didefinisikan
sebagai penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari
beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi.
Dengan demikian Perancangan Sistem
dapat diartikan sebagai berikut :
1.
Tahap
setelah analisis dari siklus pengembangan sistem
2. Pendefinisian
dari kebutuhan-kebutuhan fungsional
3. Persiapan
untuk rancang bangun implementasi
4. Menggambarkan
bagaimana suatu sistem dibentuk
5.
Dapat
berupa penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari
beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi
6.
Termasuk
menyangkut mengkonfigurasi dari komponen-konponen perangkat lunak dan perangkat
keras dari suatu system.
Adapun tujuan dari perancangan sistem yaitu :
1. Untuk
memenuhi kebutuhan-kebutuhan sistem.
2.
Untuk
memberikan gambaran yang jelas dan rancangan bangun yang lengkap kepada
pemrogram komputer dan ahli-ahli lainnya yang terlibat.
3.6. Alat Bantu
Perancangan Sistem
Adapun alat bantu
yang digunakan dalam perancangan atau pengembangan sistem dalam penelitian pada
umumnya berupa gambaran atau diagram sebagai berikut :
1.
Data Flow Diagram (DFD).
Data Flow Diagram adalah diagram sistem secara terbuka. Data Flow Diagram merupakan diagram yang
menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, dan
merupakan alat yang cukup populer saat ini digunakan pada metodologi
pengembangan sistem yang terstruktur. Adapun simbol-simbol yang digunakan adalah :
Sumber :
Jogiyanto H.M., Analisa Sistem Informasi, 2009
2. Data Dictionary
Data Dictionary merupakan kumpulan data yang tujuanya adalah
membirikan informasi mengenai devenisi, struktur pemakai dari masing-masing
elemen. Elemen adalah unit data terkecil.
1.
Flowchart System
Sistem
Flowchart (bagan alir) yaitu bagan
yang menunjukan alir (flow) program
atau prosedur sistem secara logika.
Simbol-simbol yang digunakan dalam sistem Flowchart adalah :
d. Entity Relationship Diagram
Entity
Relationship Diagram
adalah high level konseptual data
model yang dikembangkan oleh Chen (1976) untuk memfasilitasi perancangan database
3.6.1. Siklus Pengolahan Data
Siklus
pengolahan data terdiri dari tiga tahapan besar yaitu input, processing, dan output
yang terlihat pada gambar 3.1. di bawah ini:
Tiga
tahapan dari siklus pengolahan data di atas dapat dikembangkan lebih lanjut
dengan ditambahkan tiga tahapan lagi yaitu origination,
storage, dan distribution yang
terlihat pada gambar 3.2. di bawah ini:
3.6.2. System Development Life Cycle (SDLC)
Menurut McLeod, Schell G.
P dalam bukunya, “Management Information
Systems” (2008:199), System
Development Life Cycle (SDLC) adalah aplikasi dari pendekatan sistem bagi
pengembangan suatu sistem informasi. Proses pengembangan sistem mempunyai
beberapa tahap mulai dari sistem itu direncanakan sampai sistem itu diterapkan,
dan dipelihara. Adapun tahapan-tahap tersebut sebagai
berikut:
1. Perencanaan
a. Penerimaan
untuk studi sistem
b.
Pengamatan
awal dan studi kelayakan.
2. Analisis
a. Mendefinisikan
kembali masalah
b. Memahami
sistem yang ada
c.
Menentukan
permintaan pemakai dan kendala sistem yang ada
d. Membuat
logika dan penyelesaian.
3. Desain
a. Desain output
Desain output
bertujuan menentukan keluaran-keluaran yang ada digunakan oleh sistem.
- Desain Input
Desain input
bertujuan menentukan data-data masukan, yang akan digunakan untuk
mengoperasikan sistem. Masukan tersebut berupa formulir,
faktur.
- Desain File
Desain file
masuk dalam bagian perancangan database, yang diawali dengan merancang diagram
hubungan antara entitas.
4. Implementasi
a. Membangun
sistem
b. Pembuatan
program
c. Operasi-operasi
3.6.3.
Perancangan Sistem Database
Menurut Jogiyanto H.M
(2000:50) dalam bukunya “Analisa Sistem Informasi” tujuan dari perancanagan
database adalah sebagai berikut:
1. Memiliki
kemampuan menyimpan seluruh data yang berguna dalam database.
2. Meniadakan
kerangkapan data(redudancy).
3. Pengamanan
terhadap isi data dan penggunaan data dapat diterapkan.
“Perancangan sistem menentukan
bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan apa yang mesti diselesaikan. Tahap
ini menyangkut mengkonfigurasikan dari komponen-komponen perangkat lunak dan
perangkat keras dari suatu sistem sehingga setelah instalasi dari sistem akan
benar-benar memuaskan rancangan bangun yang telah ditetapkan pada akhir tahap
analisa sistem”.
Dengan demikian perancangan sistem dapat diartikan sebagai berikut :
Dengan demikian perancangan sistem dapat diartikan sebagai berikut :
1. Tahap
setelah analisis dari siklus pengembangan sistem.
2. Pendefinisian
dari kebutuhan-kebutuhan fungsional.
3. Persiapan
untuk rancang bangun dan implementasi.
4. Menggambarkan
bagaimana suatu sistem dibentuk.
5. Penggambaran,
perancangan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang
terpisah kedalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi. Tujuan perancangan system Menurut Jogiyanto
H.M (2001:209) tujuan utama perancangan sistem adalah:
a. Untuk
memenuhi kebutuhan para pemakai sistem.
b. Untuk
memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada
programmer.Kedua tujuan ini lebih berfokus pada perancangan atau desain siatem
yang terinci yaitu pembuatan rancang bangun yang jelas dan lengkap yang
nantinya digunakan untuk pembuatan program komputernya.
3.7.
Database
Menurut Chou,
database adalah kumpulan informasi yang bermanfaat yang diorganisasikan ke
dalam tatacara yang khusus. Menurut fabbri dan Schwab, database adalah system
berkas terpadu yang dirancang terutama untuk meminimalkan pengulangan (redundancy) data. Sedangkan menurut
Date, database dapat dianggap sebagai tempat sekumpulan berkas dan
terkomputerisasi, jadi system database menurut Date pada dasarnya adalah system
terkomputersisai yang tujuan utamanya adalah melakukan pemeliharaan terhadap
informasi dan membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan. Jadi secara
konsep, database atau basis data adalah kumpulan dari data-data yang membentuk
suatu berkas (file) yang saling
berhubungan (relation) dengan
tatacara yang tertentu untuk membentuk data baru atau infromasi. Atau basis
data (database) adalah kumpulan dari
data yang saling berhubungan (relation)
antara satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan skema atau
struktur tertentu. Pada komputer, basis data disimpan dalam perangkat hardware
penyimpanan, dan dengan software tertentu dimanipulasi untuk kepentingan atau
kegunaan tertentu. Hubungan atau relasi data biasanya ditunjukkan dengan kunci (key) dari tiap file yang ada.
(http://id.shvoong.com/social-science-pengertian-database-menurut-para-ahli/#ixzz1uYQYmgTA
: 11 maret 2013)
Dalam pembentukan database, data yang dikenal memiliki beberapa jenjang
antara lain:
1. Field
Merupakan unit
data terkecil, mencerminkan jumlah data terkecil yang akan ditarik komputer pada
satu waktu.
2. Record
Suatu koleksi field-field data
yang saling berhubungan.
3. File
Koleksi record
yang saling berhubungan , seperti satu file
dari seluruh record.
3.7.1. Model Database
Pada dasarnya kekuatan dan kelemahan
dari model ini mencerminkan perbedaan filosofi manajemen database. Beberapa
kriteria dalam mengevaluasi model data yaitu
1. Sederhana
(Simplycity).
2. Pemodelan
yang mendekati kenyataan (Modelling
Direction), sebuah model sebaiknya mendekati konsep yang nyata di dunia.
3. Kemampuan
menyimpan gambar (Picturebility).
4. Terminologi
tidak bertentangan.
Sebuah model
seharusnya menggunakan terminologi yang tidak bertentangan dengan terminologi
yang lainnya. Model Database yang
dikenal ada tiga yaitu :
1. Model
Relation
Dikembangkan
berdasarkan konsep matematika dari hubungan dan kumpulan entity atau beberapa objek dari kumpulan attribute.
2. Model
Hirarki
Seiring dikenal dengan Binary Tree (pohon biner atau binary relationship), merupakan jenis
struktur tree yang terbaik dimana
data akar root mempunyai beberapa
cabang.
3. Jaringan atau Network
Suatu
jaringan dimana suatu objek dapat dihubungkan dengan beberapa objek lain yang
lebih tinggi atau lebih rendah.
3.7.2
Langkah-langkah Perancangan Database
Dalam perancangan
database perlu diperhatikan Langkah-langkah
dalam perancangan database :
Adapun
langkah-langkah perancangan database adalah :
1. Menentukan
kebutuhan input dari sistem baru
Input
yang akan dirancang dapat ditentukan dari data flow diagram (DFD) sistem baru yang telah dibuat.
2. Menentukan
parameter dari input
Setelah input yang akan dirancang telah dapat ditentukan, maka parameter
dari input selanjutnya juga ditentukan parameter ini meliputi :
a. Bentuk
dari input dan dokumen data.
b. Sumber input.
c. Jumlah
tembusan untuk input berupa dokumen
dasar dan distribusi.
3. Volume
input dan periode input.
4. Normalisasi
Normalisasi merupakan sebuah teknik relasi basis data dengan melakukan proses pengelompokkan data elemen menjadi tabel yang menunjukkan entitas dan relasinya. Sebuah teknik normalisasi digunakan untuk memproduksi sebuah model data yang memenuhi kriteria kualitas sebagai berikut :
Normalisasi merupakan sebuah teknik relasi basis data dengan melakukan proses pengelompokkan data elemen menjadi tabel yang menunjukkan entitas dan relasinya. Sebuah teknik normalisasi digunakan untuk memproduksi sebuah model data yang memenuhi kriteria kualitas sebagai berikut :
a. Model data yang bagus adalah data
yang modelnya sederhana
b. Model data yang baik secara
esensinya adalah tidak rangkap (redudan)
c. Model data yang baik harus fleksibel
dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masa depan.
1.8
Perangkat
Lunak
Perangkat Lunak adalah suatu program yang berisi
instruksi yang dibuat dengan bahasa tertentu (bahasa pemrograman). Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses
informasi. Perangkat lunak dapat berupa
program atau prosedur. Program
adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer sedangkan. Prosedur adalah perintah yang
dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi. (O’Brien, 1999).
1.
Perangkat
Lunak System Adalah sekumpulan program yang dibangun untuk melayani program lainnya.
2. Perangkat Lunak Real TimeProgram yang
memonitor, mengontrol dan menganalisis kejadian dunia nyata pada saat
terjadinya.
3. Perangkat Lunak BisnisProgram yang
digunakan untuk membantu operasional bisnis.
4. Perangkat Lunak Teknik dan Ilmu
PengetahuanProgram khusus untuk bidang teknik dan ilmu pengetahuan seperti
astronomi, volkanologi, otomotif dan bio mokuler.
5. Perangkat Lunak yang Dilekatkan
(Embedded Software)Program yang dibuat untuk operasi dan fungsi kontrol
perangkat elektronik tertentu.
6. Perangkat Lunak Komputer PersonalProgram
pada komputer personal seperti pengolah kata (Microsoft Word), spreadsheet
(Microsoft Excel), multimedia, dan lain-lain.
7. Perangkat lunak kecerdasan buatanProgram
khusus untuk memecahkan masalah kompleks seperti sistem pakar, jaringan saraf
tiruan dan system pendukung keputusan.
1.8.1
Sistem Operasi
Sistem Operasi merupakan sebuah penghubung atau interface
antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan
menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya
pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi
dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka
sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem
operasi itu sendiri. Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola
seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan
sekumpulan layanan (system calls) ke
pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan
sumber-daya sistem komputer.
Sistem operasi
sangat berkaitan dengan prosesor yang digunakan. Jenis prosesor pada PC yang
umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM dan Macintosh. PC Macintosh,
perangkat lunaknya dikembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga
perkembangannya tidak sepesat cloning IBM PC. Sistem operasi dari cloning IBM
saat ini secara umum terbagi menjadi 2 aliran yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft dan yang bersifat freeware yang
dikembangkan oleh peneliti dari seluruh dunia karena bersifat open source, yaitu bahan baku pembuatan dapat
dibaca, sehingga hasilnya dapat ditambah atau dimodifikasi oleh setiap orang.
3.9. Konsep Dasar Bahasa Pemograman Visual Basic
3.9.1 Visual Basic
Micrasoft Visual Basic 2008
merupakan Bagian dari kelompok bahasa pemograman Visual Studio 2008 yang di kembangkan oleh Microsof. Visual Studio 2008
terdiri dari beberapa bahasa pemograman di antaranya adalah Micrasoft Visual Basic 2008, Micrasoft C#
2008, Micrasoft Visual C++ 2008, Microsoft J#, dan Visual Web Developer 2008.
Visual
Basic ini telah mengalami perubahan versi mulai dari Visual studio 6.0, Visual
Studio 2005, Visual Studio 2006, dan yang terakhir adalah Visual Studio 2008. Namun penulis tidak melihat satu bahasa
pemograman yang termassuk bagian dari Visual
Studio, yaitu Microsoft Visual
FoxPro.
Microsoft Visual Basic 2008 setara
dengan visual Basic 9.0 yang memiliki kelebihan-kelebiahan, yaitu support dengan bahasa Query Language-Integrated. Selain itu,
kelebiahan lain adalah memiliki objek Relational
Designer (O/R Desaigner) untuk membantu mengedit LINQ ke SQL yang akan di
hubungkan dengan database dan fitur lain, seperti WPF (Windows Presentation Foundation) dan WCF (Windows Commucation Foundation). Semual hal yang baru tersebut
menambah kelengkapan aplikasi Microsoft
Visual Basic 2008.
Sumber : Hendrayudi “ Microsoft Visual Basik 2008: (2011)
3.9.2. Struktur & Format Visual
Basic 2008
Hendrayudi
(2011) struktur dan format Visual Studio
2008 adalah jenis data yang digunakan dalam pembuatan program. Jenis data
yang digunakan adalah Boolean, Byte,
Char, Decimal, Duble, Date, Integer, Long, Single, String dan Star. Selain
dari tipe data pada Visual Studio 2008 ada
juga operator yang di gunakan dalam Visual
Studio 2008. Operator adalah tanda atau perintah yang digunakan oleh Microsoft Visual Studio 2008 untuk melakukan proses matematika serta
penggabungan string dan logika di
dalam program.
1. Berikut
ini merupakan contoh dari jenis data :
a.
Contoh penggunaan Tipe
data Boolean
Dim running VB As
Boolean
‘check to see if
program is running on Visual Basic
Engine.
If scripEngine-“VB”
Then
Running VB-True
End If
b.
Cintoh penggunaan Tipe
data Date
Dim someDateAndTime As
Date - #4/08/2015 14:20 PM#
c.
Contoh pengguanaan Tipe
data Integer
Dim MyNumber As Integer
d.
Contoh pengguanaan Tipe
data Duoble
Dim MyNumber1 As Duoble
– Math.Abs(50.3)
Dim words, digit As
Integer
Dim ThisString As
String –“”
Dim sText As String –
“Hello World”
‘Returns “Hello World”
Dim sNewText As String
– StrConv(sText, VbStrConv,LowerCase)
2.
Berikut
ini merupakan nama-nama dari operator yang digunakan dalam Visual Studio 2008 adalah
sebagai berikut :
a.
Operator Aritmatika
Adalah
tanda atau perintah yang digunakan untuk melakukan proses aritmatika di dalam
program.
b.
Operator Assigmen
Adalah
operator yang di gunakan untuk memberi nilai atau data ke dalam suatu variabel.
c.
Operator Comparison
Adalah
operator pembanding antara dua variabel yang terdapat dalam program.
3.9.3.
Lingkungan Kerja Visual Basic 2008
Pada saat
pertama dijalankan Visual Basic akan
menampilkan sebuah splash screen yang
menampilkan logo dari Visual Basic.
Selanjutnya Visual Basic
menampilkan IDE (Integrated Development
Environment) yang merupakan tempat untuk menghasilkan program aplikasi,
seperti gambar 3.4. di bawah ini:
IDE Visual Basic terdiri atas :
1. Baris
Menu
Baris menu terletak paling atas pada IDE, merupakan kumpulan
perintah-perintah yang dikelompokkan dalam kriteria operasi yang di hasilkan.
2. Form
From
adalah suatu objek yang di
pakai sebagai tempat bekerja program aplikasi. Di dalam form garis titik-titik disebut grid
yang membuat pemakai dalam pengaturan tata letak objek dalam form dapat dilihat pada gambar 3.6 sebagai berikut:
3. Windows Properties
Windows
Properties digunakan untuk menentukan setting suatu objek. Suatu objek
mempunyai beberapa properti yang dapat diatur langsung dari Windows Properties atau lewat jendela
program. Untuk menggunakan properti yaitu click
terlebih dahulu kontrol yang ingin kita setting.
Bentuk dari properties
dapat di lihat pada gambar 3.7. di bawah ini:
4. ToolBar
ToolBar
adalah tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu.
5. ToolBox
Toolbox
adalah tempat penyimpanan
kontrol yang akan kita gunakan pada program yang di sampaikan pada form.
6.
Project Explorer
Project explorer adalah
sekumpulan modul jadi Project atau
proyek merupakan program aplikasi itu sendiri. Project disimpan dalam file
yang berakhiran VBP. File
ini menyimpan seluruh komponen
program, termasuk pilihan proyek, pilihan environment,
pilihan file EXE dan segala yang
berkaitan dengan proyek.
7. Code
Windows
Code Windows adalah
jendela yang berisi kode-kode program yang merupakan instruksi-instruksi
program untuk aplikasi Visual Basic.
3.10. Database MySQL
Mysql merupakan sebuah basis
data yang mengandung satu atau sejumlah tabel. Tabel terdiri atas sejumlah
baris dan setiap baris mengandung satu atau beberapa kolom. Didalam PHP telah
menyediakan fungsi untuk koneksi kebasis data dengan sejumlah fungsi untuk
pengaturan baik menghubungkan maupun memutuskan koneksi dengan server database Mysql sebagai sarana untuk mengumpulkan informasi.
Database Mysql merupakan sistem manajemen basis
data SQL(Structure Query Langguage)
yang sangat terkenal dan bersifat open
source. Mysql dibangun, didistribusikan dan didukung oleh Mysql AB. Mysql AB merupakan perusahaan
komersial yang dibiayai oleh pengembang Mysql.
Mysql dapat didefinisikan sebagai sistem manajemen database. Database
sendiri merupakan struktur penyimpanan data. Untuk menambah, mengakses dan
memproses data yang disimpan dalam sebuah database komputer, diperlukan sistem
manajamen database seperti Mysql server.
Selain itu Mysql dapat dikatakan sebagai basis data terhubung(RDBMS). Database
terhubung menyimpan data pada tabel-tabel terpisah. Hal tersebut akan menambah
kecepatan dan fleksibilitasnya. (Kustiyahningsih Y and D. Rosa Anamisa, 2011 :
145)
3.10.1 Keistimewaan MySQL
MySQL memiliki
beberapa keistimewaan, antara lain :
1.
Portabilitas
MySQL dapat berjalan stabil pada
berbagai sistem operasi seperti Windows,
Linux, FreeBSD, Max Os X Server, Amiga, dan masih banyak lagi.
2.
Open Source MySQL didistribusikan secara open
source, di bawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara cuma-cuma.
3.
Multiuser
MySQL dapat digunakan oleh
beberapa user dalam waktu yang
bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
4.
Performance Tuning
MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam
menangani query sederhana, dengan
kata lain dapat memproses lebih banyak SQL persatuan waktu.
5.
Jenis
Kolom
MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks, seperti
signed / unsigned integer, float, double,
char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
6.
Perintah
dan Fungsi
MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang
mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
7.
Keamanan
MySQL memiliki beberapa lapisan
sekuritas seperti level subnetikask, nama host,
dan izin akses user dengan sistem
perizinan yang mendetail serta sandi berenkripsi.
8.
Skalabilitas
dan Pembatasan
MySQL mampu menangani basis data
dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records)
lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
9.
Konektivitas
MySQL dapat melakukan koneksi
dengan klien menggunakan protokol TCP / IP, Unix
Soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
10. Lokalisasi
MySQL dapat mendeteksi pesan
kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meskipun demikian bahasa Indonesia belum termasuk
didalamnya.
11. Antar Muka
MySQL memiliki interface (antar muka) terhadap berbagai
aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Aplication Programming Interface).
12. Klien dan Peralatan
MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool) yang dapat digunakan untuk
administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk
online.
13. Struktur Tabel
MySQL memiliiki struktur tabel yang lebih fleksibel
dalam menangani ALTER TABLE,
dibandingkan basis data lainnya semacam Postgre
SQL ataupun Oracle.
masih ada bagian ke 2
http://percobaanfahmi.blogspot.co.id/2016/02/contoh-laporan-kerja-praktek-budidarma.htmlmasih ada bagian ke 2
Perancangan Interface nya mana bang?
ReplyDeletekwkwkw koplak, kernya setengah setengah hahaha
DeleteSekedar info :
ReplyDeletePusat Teknologi Material BPPT membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk kerja praktek dan bimbingan penelitian untuk jenjang Si sd S3
info lebih lanjut :
https://pusatteknologimaterial.blogspot.com/
Cukup membantu
ReplyDeleteDear : Custumer Import & Domestics
ReplyDeleteKami dari TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Berikut Attecment terlampir.
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id