Powered by Blogger.

Tuesday 2 February 2016

contoh laporan kerja praktek budidarma medan (kp) bagian ke 2 BAB IV, BAB V, Daftar pustaka

by Unknown  |  in Laporan PKL at  07:04




 BAB IV    
ANALISA DAN PEMBAHASAN



4.1 Analisa Sistem Yang Sedang berjalan

Analisis sistem yang sedang berjalan adalah menjelaskan bagian–bagian komponen dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan–permasalahan, kesempatan–kesempatan, hambatan–hambatan yang terjadi dan kebutuhan–kebutuhan yang diterapkan sehingga dapat di usulkan perbaikannya.
Untuk mendapatkan kinerja yang baik dari suatu pekerjaan, dapat diperoleh melalui sistem kerja yang terkoordinir dengan baik. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan perbaikan sistem yang lama dengan  membuat suatu rancangan sistem yang baru yang dapat memberikan hal yang lebih baik daripada sistem yang lama. Berdasarkan hasil pengamatan langsung pada PT. Gebrina Utama cabang Belawan, proses pengolahan data pemesanan jasa konteiner yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1.   Masih maenggunakan cara menual dalam mengimput data konteiner, sehingga sering terjadi kekeliruan dalam pendataan konteiner yang kosong.
2.   Masih menggunakan sistem manual sehingga jika laporan yang dibuat banyak maka perlu tenaga dan waktu yang banyak untuk mengolah data jasa konteiner dan memerlukan tempat penyimpanan yang banyak pula.
3.   File-file data pemesanan jasa konteiner disimpan dalam map-map yang tersusun rapi, tetapi sering terjadi kerusakan pada file-file tersebut. karena dimakan oleh rayap.
Flow map sistem informasi pemesanan jasa konteiner yang sedang berjalan adalah sebagai berikut :



4.2 Fungsi dan Kegunaan Sistem

4.2.1 Sistem Informasi Perusahaan

Sistem informasi perusahaan berfungsi untuk mengetahui latar belakang dan seluk beluk tentang perusahaan tersebut sehingga mempermudah orang lain untuk mengetahui lebih jauh tentang perusahaan itu.

4.2.2 Kegunaan Sistem Informasi

Sistem yang diterapkan disini berguna untuk mempermudah dalam pengolahan data jasa konteiner sehingga dapat mengolah data dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang singkat, meminimalkan terjadinya kerusakan data serta mengurangi terjadinya tercecernya data.

4.2.3 Cara Kerja Sistem

Cara kerja sistem yang akan diusulkan pada penulisan kerja praktek ini menggunakan sistem komputerisasi yang berbasis visual dari Visual Basic 2008, yang mana program ini dapat mengolah data yang banyak tanpa memerlukan waktu yang banyak dan dapat memberikan informasi data secara efektif dan efisien sehingga pihak perusahaan tidak kerepotan dalam pencarian data pemesanan jasa konteiner dengan cepat dan tepat.

4.3.         Diagram Aliran Data

Diagram arus data (data flow diagram) adalah suatu gambaran grafis dari suatu sistem yang menggunakan sejumlah bentuk-bentuk simbol untuk menggambarkan bagaimana data mengalir melalui suatu proses yang saling berkaitan. DFD dapat digunakan mempresentasikan suatu sistem yang otomatis maupun manual dengan gambaran yang berbentuk jaringan grafik. Dimana DFD terdiri atas konteks diagram dan DFD level 0, level 1 dan seterusnya. Dalam sistem ini mencoba menggambarkan diagram alir data dapat dipahami bagaimana sistem tersebut berjalan.dan bagaiman input dari sistem ini
1.       Context Diagram

DFD Context Diagram merupakan level tertinggi dari DFD yang menggambarkan seluruh input dan output dari sistem. Adapun bentuk Context Diagram dari sistem informasi pemesanan jasa konteiner pada PT.Gebrina Utama Belawan dapat dilihat pada gambar berikut ini.


2  DFD Level 0
DFD Level Nol merupakan level setelah Context Diagram. Adapun bentuk DFD Level Nol dari sistem informasi penjualan barang pada PT.Gebrina Utama Belawan dapat dilihat pada gambar

4.4 Formulir Input dan Output

                Bentuk sistem yang sedang berjalan pada PT. Gebrina Utama masih secara manual mulai dari pemesanan jasa konteiner sampai laporan. Dalam bentuk system yang berjalan dapat dikeahui kekurangan atau keterbatasan dari system tersebut.

4.4.1 Formulir Input

4.4.2 Perangcangan Pemesanan Jasa

Tujuan dari perancangan pemesanan jasa konteiner adalah untuk menjamin pemasukan data dapat diterima oleh pemakai agar tercapai keakuratan yang tinggi sehingga pemasukan data dapat seobjektif mungkin. Serta dengan desain yang simple maka memudahkan operator untuk menggunakannya.diamping itu, software ini mengutamakan tampilan yang elegan namun ramah dimata, sehingga pengguna tidak mudah jenuh dan lelah memandang layar computer tersebut. Dalam hal ini perlu diperhatikan kreteria-kriteria dari sofware pemesanan jasa konteiner di PT. Gebriana Utama cabang Belawan antara lain :
a.       Desain Menu Utama
Menu utama berfungsi untuk masuk ke sub menu.serta mewakili dari sifat dan krakter prusahaan dengan tujuan untuk mengingatkan visi misi dari prusahaan PT. Gebrian Utama.serta. Adapun yang menjadi menu adalah File, Input, Laporan, Informasi Sofware, Exit Bentuk menu  utama  dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


Keterangan :
1.      File merupakan sub menu pertama dari program, file menu  utama ini sendiri memiliki beberapa sub menu yaitu Form Pemesanan Jasa Konteiner
2.      Input merupakan sub menu kedua dari program, yaitu
a.       Form Input Konteiner
b.      From Input ID Konsumen
3.      File  laporan merupakan sub menu ketiga dari program, file laporan ini terdiri dari:
a.       Laporan Jasa Konteiner Perhari
b.      Laporan Jasa Konteiner Perbulan
4.      Informasi software adalah informasi cara penggunaan software agar tidak terjadi kekeliruan.
a.         Rancangan Input pemesanan jasa koneiner
Desain input data pemesanan jasa konteiner berfungsi untuk mencatat data pelanggan yang melakukan penggunaan jasa konteiner dan menginput tanggal awal penggunaan konteiner dan tanggal selesai penggunaan jasa konteiner. Pada form ini dilakukan penginputan data pemesanan jasa yaitu, Id Prusahaan, No Faktur, Nama Prusahaan, Alamat, Kode Konteiner ,Warna, Ukuran , Jenis barang, Berat Barang ,Tujuan Negara, Daerah, Total Bayar , Status Penggunan Jasa, Tanggal Awal, Tanggal Awal, baru, simpan, hapus, batal, keluar. Gambar Data permohonan dapat dilihat pada gambar dibawah ini :



Keterangan dari gambar rancangan input data penjualan modem
1.    No Faktur (Text Box) : Digunakan untuk menentukan no faktur.
2.    Id Prusahaan (Text Box)  : Digunakan untuk menampilkan ID prusahaan yang terdaftar di PT.Gebrina Utama.
3.    Nama Prusahaan (Text Box)  : Digunakan untuk menginput nama prusahaan.
4.    Alamat (Text Box)   : Digunakan untuk menginput jenis alamat prusahaan.
5.    Kode Konteiner (Combo Box)   : Digunakan untuk memilih konteiner yang di berangkatkan.
6.    Warna (Text Box)   : Digunakan untuk menampilkan warna konteiner.
7.    Ukuran (Text Box)   : Digunakan untuk menampilkan ukuran konteiner.
8.    Jenis Barang (Text Box) : Digunakan untuk menginput jenis barang yang dibawa.
9.    Berat Barang (Text Box)   : Digunakan untuk menyimpan barang yang dibawa.
10.     Tujuan Negara (Combo Box)   : Digunakan untuk memilih Negara tujuan.
11.     Daerah (Combo Box)   : Digunakan untuk memilih daerah yang dituju.
12.     Total Bayar (Text Box)   : Digunakan untuk menampilkan jumlah pembayaran dalam penggunaan jasa.
13.     Status Penggunan Jasa (Text Box)   : Digunakan untuk memilih status penggunaan jasa.
14.     Tanggal Awal (Date Time Piker)   : Digunakan untuk memilih awal keberangkatan.
a.       Rancangan input Data Konteiner
Desain input data konteiner berfungsi untuk mencatat data konteiner dengan tujuan agar tidak terjadi kekeliruan dari jumlah konteiner serta memudahkan untuk mengatur dari setiap konteiner yang dimiliki. Pada form ini dilakukan penginputan data konteiner yaitu, Tahun Pembuatan, Tahun Pembelian, Ukuran, Warna, Kode Konteiner , baru, simpan, hapus, batal, keluar. Gambar Data konteiner dapat dilihat pada gambar dibawah ini :





Keterangan dari gambar rancangan input data konteiner
1.      Kode Konteiner (Text Box)  : Digunakan untuk menginput kode konteiner.2.      Warna (Text Box)  : Digunakan untuk menginput Warna konteiner 
3.      Ukuran (Text Box)  : Digunakan untuk menginput besar dari konteiner 
4.      Tahun Pembelian (Text Box)  : Digunakan untuk menginput tahun pembelian 
5.      Tahun Pembuatan (Text Box)  : Digunakan untuk menginput tahun pembuatan .


a.       Rancangan input Data Konteiner
Desain input data Konteiner berfungsi untuk mencatat data Konteiner. Pada form ini dilakukan penginputan data Konteiner yaitu, ID, Nama Prusahaan, Telpon, Alamat, No KTP Pendaftar, Nama, baru, simpan, hapus, batal, keluar. Gambar Data Mahasiswa dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Keterangan dari gambar rancangan input data Data Konsumen
1.      ID (Text Box)  : Digunakan untuk menginput ID Konsumen 
2.      Nama Prusahaan (Text Box)  : Digunakan untuk menginput nama prusahaan. 
3.      Telpon (Text Box)  : Digunakan untuk menginput no telpon prusahaan 
4.      Alamat (Text Box)  : Digunakan untuk menginput alamat prusahaan 
5.      No KTP Pendaftar (Text Box)  : Digunakan untuk menginput no ktp pendaftar 
6.      Nama (Text Box)  : Digunakan untuk menginput nama pendaftar

4.4.3 Formulir Output

                Formulir output adalah hasil dari system informasi yang akan dapat di lihat, formulir output merupakan penjelasan dari laporan yang akan dilakukan dan dihasilkan oleh system pengolahan data pemesanan jasa konteiner, Berikut adalah formulir output pemesanan jasa konteiner dapat dilihat pada gambar 4.3 di bawah ini 

4.5 Desain File Database Data Jasa Koneiner

Dalam merancang suatu sistem yang baik dibutuhkan beberapa file yang bertujuan untuk memudahkan pengambilan informasi. File-file tersebut akan saling berhubungan satu sama lainnya dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan programmer atau pemakai user. Tabel-tabel tersebut antara lain :
1.      Desain Tabel Jasa Konteiner
Nama Database   : penggunaan_jasakonteiner
Nama tabel                : Jasa konteiner


1.      Desain Tabel Data Konteiner
Nama Database   : penggunaan_jasakonteiner
Nama tabel                : Input_Data_Konteiner
 



1.      Desain Tabel Input Id Konsumen
Nama Database   : penggunaan_jasakonteiner
Nama tabel                : Input_ID_Konsumen


4.6.   Entity Relationship Diagram (ERD)

          Untuk mendapatkan informasi entitas, perolehan tidak perlu menginput semua data-data. Pada Entity Relationship Diagram ada hubungan antara file, file antara satu file dengan file yang lainnya menggunakan kunci relasi. Relasi dari file ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini.




4.7 Desain Flowchart

Adapun rancangan sistem yang diusulkan dalam penyajian data pemesanan jasa konteiner pada PT. Gebrina Utama cabang Belawan adalah sebagai berikut :
 a. Flowchart Menu Utama






Keterangan :
            Memulai program pada menu utama dengan menampilkan menu yang terdiri dari file, input, laporan dan exit. Jika memilaih menu file maka akan muncul sub menu file yang ditandai dengan A dan menu-menu lainnya tidak dapat dipilih. Jika memilih input maka akan muncul sub menu input konteiner dan konsumen yang ditandai dengan B dan menu-menu lainnya tidak dapat dipilih. Jika memilih menu laporan maka akan muncul sub menu laporan yang ditandai dengan C dan menu-menu lainnya tidak dapat dipilih. Jika memilih menu keluar maka proses kembali pada menu.
b. Flowchart Sub Menu File Pemesanan Jasa Konteiner




Keterangan :
            Memulai program pada menu file maka muncul sub menu pemesanan jasa kontener, kemudian pilih pemesanan jasa konteiner pada form pemesanan jasa konteiner maka akan tampil dan diisi sesuai data yang dibutuhkan.
c. Flowchart Menu File Input Data Konteiner



Dengan memilih input from konteir maka sudah memulai program input from konteir pada menu input. 
d. Flowchart Menu file Input ID Konsumen



Lakukan pengimputan konsumen jika konsumen tersebut menggunakan jasa konteiner leih dari tiga hari dengan cara pilih from input konsumen Memulai program pada menu input maka muncul sub from input konsumen.
e. Flowchart Menu file Laporan


Dengan memilh laporan, maka sudah memasuki from laporan pada sub menu laporan yang ada pada menu utama.









BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN



5.1 Kesimpulan

            Banyak kesimpulan yang diambil dari kegiatan Kerja Praktek yang penulis lakukan di PT. Gebrina Utama. Beberapa kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis adalah :
PT. Gebrina Utama dalam melaksanakan tugas sangat menghargai waktu mereka dengan sebaik-baik mungkin.
1.   Sistem adalah  sekumpulan elemen yang saling terkait atau terpadu yang   dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan tertentu
2.   Mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama duduk dibangku perkuliahan untuk menyelesaikan permasalahan didunia nyata.
3.   Mahasiswa dapat mengatahui ilmu dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja di era globalisasi, seperti :
a.       Keterampilan berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain.
b.      Ilmu dasar mengenai bidang spesifik yang diperoleh selama perkuliahan. Misalnya ilmu dasar dibidang informatika, ilmu dasar dibidang ekonomi dan lain sebagainya.
c.       Keterampilan menganalisis permasalahan untuk dicari solusinya.
4.   Kerja praktek dapat melatih mahasiswa untuk bekerja sama dalam suatu team, baik antar peserta kerja praktek maupun dengan karyawan lain di PT. Gebrina Utama.

5.2 Saran

Beberapa saran yang penulis ingin sampaikan untuk PT. Gebrina Utama  kepada pihak  yang telah menerima kami untuk melaksanakan Kerja Praktek antara lain :
1.   Lebih ditingkatkan lagi dalam melayani konsumen baik dalam segi pelayanan maupun segi keamanan dalam melakukan pengirim barang
2.   Diharapkan lagi agar dapat melakukan poengembangan dalam menjadikan sebuah program yang jauh lebih baik lagi.
3.   Untuk menerapkan sistem yang baru sebaiknya PT. Gebrina Utama melakukan secara bertahap, sampai sistem yang baru benar-benar dapat dioperasikan.








DAFTAR PUSTAKA



1.         Jogiyanto  HM ( 1991 ). ″ Pngertian Perancangn ″ , Mitra Wacana Media, Jakarta.
2.         http://id. Wikipedia. Org/” pengertian-system” Jhon burch, Yogyakrta, 2002
3.         S.P.Siagian ( 1983 )” Pengertian Informasi ” S.P.Siagian, Bandung, 1983
4.         Abdul Kadir ( 13, 2003 ).” Pengertian Informasi ” Abdul Kadir, Jakarta, 2013
5.         ( http://www.scribd.com/doc/9691936 ) “ Pengertian Perancangan Sistem” Jakarta, 2009
6.         http://id.wikipedia.org/wiki/Jasapengertian jasa” Phillip Kotler
7.         Andi, “Visual Belajar Lingkungan Basic “2006”, Wahana Komputer, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2010


0 comments:

Proudly Powered by Blogger.